Rapat Paripurna DPRD Kota Pariaman, Pj Sekda Pariaman Paparkan Nota Keuangan RAPBD-P 2024

RAPBD-P 2024 Kota Pariaman, Pj Sekda Sampaikan Nota Keuangan dan Proyeksi Baru

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, melalui Pj Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yaminu Rizal, menyampaikan Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Tahun Anggaran 2024 pada Rapat Paripurna DPRD Kota Pariaman.

Rapat ini berlangsung di ruang sidang utama DPRD Kota Pariaman, Jumat, 27 September 2024.

Penyampaian Nota Keuangan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Pariaman, Muhajir Muslim, didampingi Wakil Ketua DPRD, Riza Saputra, dan dihadiri oleh anggota DPRD, Forkopimda, Asisten, Kepala OPD, Kabag, serta Camat se-Kota Pariaman.

Bacaan Lainnya

Dalam paparannya, Yaminu Rizal menyebutkan bahwa proyeksi Pendapatan Daerah pada APBD Perubahan Kota Pariaman tahun 2024 mengalami peningkatan.

Pendapatan Daerah awalnya diproyeksikan sebesar Rp656,8 miliar dan naik menjadi Rp669,1 miliar, bertambah sebesar Rp12,39 miliar.

“Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang semula sebesar Rp50,5 miliar kini diproyeksikan naik menjadi Rp53,4 miliar, mengalami peningkatan sebesar Rp2,9 miliar,” jelasnya.

Sementara itu, proyeksi Belanja Daerah tahun 2024 justru mengalami penurunan. Awalnya diproyeksikan sebesar Rp685,3 miliar, kemudian berkurang menjadi Rp675,4 miliar, berkurang sebesar Rp9,8 miliar.

Yaminu Rizal juga menjelaskan adanya penyesuaian anggaran dalam RAPBD-P 2024 ini, terutama terkait penerimaan dan belanja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Puskesmas se-Kota Pariaman sebesar Rp271,9 juta.

Perbedaan ini terjadi antara proyeksi anggaran pada Kebijakan Umum Anggaran Perubahan (KUA-P) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPAS-P) dengan RAPBD-P yang disampaikan.

“Kami mohon kepada Ketua dan anggota DPRD yang terhormat agar Nota Keuangan RAPBD-P ini dapat segera dibahas pada rapat berikutnya sehingga tercapai kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Pariaman dan DPRD,” ujar Yaminu.

Di akhir paparannya, Yaminu Rizal berharap meskipun keuangan daerah terbatas, pemerintah Kota Pariaman tetap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

(Zaituni)

Pos terkait