Proyek Jembatan Penghubung Ujung Gading-Sikabau Pasbar Dimulai, Warga Harapkan Selesai Tepat Waktu

Proyek Jembatan Penghubung Ujung Gading-Sikabau Pasbar Dimulai, Warga Harapkan Selesai Tepat Waktu

TOPSUMBAR – Tidak lama lagi, masyarakat Jorong Sikabau, Nagari Ranah Koto Tinggi, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bakal lega.

Pasalnya, jembatan penghubung antar jorong itu dibangun setelah setahun ambruk dihantam banjir.

“Iya, jembatan itu masuk tahap pengerjaan. Tahap awal dilakukan penancapan beton sheet pile di sekitar Abutment (Abt). Guna, perkerasan tanah labil,” kata Kepala Dinas PUPR Pasaman Barat, Elifsan melalui Kabid Bina Marga Bambang Sumarsono, saat dikonfirmasi topsumbar.co.id, Senin (16/9/2024).

Pembangunan jembatan ini merupakan proyek yang dinanti-nantikan oleh warga Jorong Sikabau.
Sebelumnya, warga harus melewati jembatan darurat yang terbuat dari batang kelapa.

Dengan dimulainya pembangunan jembatan ini, warga Jorong Sikabau merasa senang dan lega.

Selama pekerjaan proyek berlangsung, jalur transportasi dialihkan ke lahan perusahaan sawit yang berada di sebelah lokasi pembangunan.

“Selama proses pembangunan, jalur transportasi dialihkan ke lokasi perusahaan PT Bakrie Pasaman Plantations,” katanya lagi.

Proyek pembangunan jembatan ini akan dikerjakan sampai tuntas hingga bisa dilalui kenderaan roda empat dan enam.

Karena, jembatan ini merupakan akses vital bagi masyarakat Jorong Sikabau, baik untuk sektor perekonomian, pendidikan dan obyek wisata.

“Setelah ditancapkan beton sheet pile nantinya kata Bambang, baru dilanjutkan ke bentang jembatan dengan cor. Sehingga, jembatan ini kuat dan kokoh,” pungkasnya.

Diharapkan pembangunan Jembatan penghubung Ujung Gading – Sikabau dapat berjalan lancar tanpa kendala dan cuaca mendukung selama proses pekerjaan berlangsung, mengingat lokasi pembangunan berada di wilayah rawan banjir.

“Apabila semua mendukung, insyaallah proyek ini akan selesai tepat waktu dan memberikan manfaat bagi masyarakat Jorong Sikabau dan sekitarnya,” sebut Bambang.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait