Polres Solok Selatan Bentuk Tim Gabungan Tindak Aktivitas Ilegal Mining

Personil Gabungan Polres Solok Selatan hanya menemukan bekas galian tambang ilegal yang sudah di tinggal pelaku.

TOPSUMBAR – Kepolisian Resor (Polres) Solok Selatan Bentuk Tim Personil Gabungan Satreskrim, Intelkam dan Polsek untuk melakukan penindakan kegiatan ilegal mining di wilayah itu.

Kapolres Solok Selatan, AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara melalui KBO Reskrim Iptu Abdul Rahim mengatakan kegiatan razia ilegal mining ini sudah berlangsung sejak seminggu yang lalu.

“Semua ada enam tim, lima gabungan dengan Polsek yang ada ditambah satu Tim gabungan satreskrim dan intelkam,” kata Iptu Abdul Rahim Sabtu, 13 September 2024.

Bacaan Lainnya

“Sesuai perintah, kami merazia setiap tempat yang diduga ada kegiatan ilegal mining di semua wilayah hukum Polres Solok Selatan. Jika ditemukan langsung dilakukan penindakan,” imbuhnya.

Abdul Rahim mengungkapkan, selama enam hari pelaksanaan razia ini tidak ditemukan satupun aktivitas tambang ilegal yang beroperasi.

“Tidak satupun ditemukan tambang beroperasi ataupun pelaku yang melakukan penambangan secara ilegal,” katanya.

Abdul Rahim menyebutkan lokasi yang dilakukan razia tersebut yaitu di wilayah hukum Polsek Sangir Batanghari, Sangir jujuan, Sangir, Sungai Pagu dan KPGD.

“Di setiap tempat yang kami razia tidak menemukan orang, hanya menemukan puing-puing gubuk dan peralatan rusak bekas digunakan pelaku ilegal mining, di duga sudah sejak beberapa tahun yang lalu, karena sudah mulai lapuk,” katanya.

Abdul Rahim mengatakan sesuai perintah pimpinan (Kapolres, red) kegiatan razia dan penindakan terhadap terhadap ilegal mining dilakukan secara terus menerus guna memastikan tidak adanya kegiatan ilegal mining wilayah itu.

“Tidak hanya operasi besar-besaran seperti sekarang, tetapi satreskrim, selalu menggali informasi atau berkoordinasi dengan intelkam. Ketika ada informasi, maka Satreskrim langsung melakukan penindakan ke lokasi yang diduga ada aktivitas ilegal mining tersebut,” katanya.

(KMS)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait