Pj Wali Kota Padang Panjang Apresiasi Pengelolaan Sampah di TPS3R Bukisu

Pj Wali Kota Padang Panjang Apresiasi Pengelolaan Sampah di TPS3R Bukisu

TOPSUMBAR  – Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra mengapresiasi Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) Bukisu yang terletak di Kelurahan Bukit Surungan, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Sonny menilai bahwa fasilitas ini merupakan contoh yang sangat baik dalam hal pengelolaan sampah secara efektif dan berkelanjutan.

“TPS3R Bukisu merupakan model nyata dari pengelolaan sampah yang berhasil dan berkelanjutan. Saya berharap fasilitas ini dapat terus dimanfaatkan dengan optimal,” ujar Sonny saat mengunjungi lokasi tersebut, dikutip dari laman kominfo Padang Panjang Selasa, 17 September 2024.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan tersebut, Sonny didampingi oleh Pj Sekdako Winarno, Pj Ketua TP-PKK Sri Hidayani, Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Fitriyana Winarno, serta pejabat lainnya dari Pemko Padang Panjang.

Sonny menambahkan bahwa pemanfaatan sampah organik untuk menghasilkan pupuk merupakan langkah yang sangat cerdas.
Selain memberikan manfaat lingkungan, langkah ini juga mendukung perekonomian lokal.

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) TPS3R Bukisu, Akmal, menjelaskan bahwa fasilitas ini mulai beroperasi sejak Oktober 2023 dan berfungsi untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk organik cair dan padat.

Pupuk tersebut dijual kepada warga dan petani dengan harga Rp2.000 per kilogram.

Akmal berharap ke depan fasilitas ini bisa diperluas untuk mengolah sampah plastik.

“Kami ingin mengembangkan fasilitas ini untuk juga menangani sampah plastik, sehingga bisa memperluas manfaatnya bagi masyarakat,” ujarnya.

Fasilitas TPS3R Bukisu dibangun berkat audiensi yang dilakukan oleh mantan Ketua DPRD Mardiansyah, S.Kom, bersama pemerintah kota kepada Anggota DPR RI Komisi V, Athari Gauthi Ardi, melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Pengerjaan fisik fasilitas ini dilakukan secara swakelola dengan anggaran mencapai Rp500 juta.

Diketahui, pada 4 Agustus 2023 lalu, TPS3R Bukisu diserahkan oleh PPK TPS3R Kemen PUPR, Indri, kepada Mardiansyah, didampingi Kadis Perkim LH, Alvi Sena, ST, MT, dan pejabat lainnya, untuk kemudian dikelola oleh masyarakat Busur melalui KSM TPS3R Bukisu.

(AL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait