Perkuat Strategi Pemberantasan Pungli, Tim Saber Pungli Padang Panjang Lakukan Studi Tiru ke Kota Payakumbuh

Perkuat Strategi Pemberantasan Pungli, Tim Saber Pungli Padang Panjang Lakukan Studi Tiru ke Kota Payakumbuh

TOPSUMBAR – Dalam rangka meningkatkan kinerja Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli, Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang Panjang melakukan studi tiru ke UPP Saber Pungli Kota Payakumbuh pada Kamis, 19 September 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan menambah wawasan terkait pemberantasan pungli di masing-masing wilayah.

Rombongan dari Kota Padang Panjang yang berjumlah sekitar 15 orang dipimpin oleh Ketua Satgas Saber Pungli Padang Panjang, Kompol Eridal.

Mereka disambut langsung oleh Ketua Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh, Kompol Russirwan di posko UPP Kota Payakumbuh yang berlokasi di lantai 1 Kantor Wali Kota Payakumbuh.

Kompol Eridal menyampaikan, selain bertujuan untuk bersilaturahmi, kunjungan ini juga merupakan upaya untuk menerapkan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dalam rangka meningkatkan efektivitas pemberantasan pungli di Padang Panjang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh yang telah meluangkan waktu untuk menerima kami. Kami berharap inovasi dan langkah-langkah yang telah dilakukan di Payakumbuh bisa kami implementasikan di Padang Panjang,” ungkap Eridal.

Sementara itu, Kompol Russirwan menjelaskan struktur organisasi dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh, termasuk upaya pencegahan dan penindakan.

Salah satu kegiatan pencegahan yang dijalankan adalah pemasangan spanduk imbauan agar tidak ada pungutan liar terkait Tunjangan Hari Raya (THR).

Russirwan juga mengungkapkan bahwa UPP Kota Payakumbuh telah menjadi acuan bagi unit serupa di wilayah Sumatera Barat.
Ia bahkan menyebutkan kunjungan Irwasum Polri tahun lalu sebagai bentuk apresiasi atas kinerja UPP Payakumbuh.

“Kami bersyukur mendapat dukungan penuh dari Wali Kota dan semua pemangku kepentingan, dengan anggota tim yang berasal dari berbagai instansi, termasuk kepolisian dan kejaksaan, semua berkomitmen memberantas pungli di Payakumbuh,” ujar Russirwan.

Kepala Inspektorat Kota Payakumbuh, Andri Narwan, turut menyampaikan harapannya agar kunjungan ini membawa manfaat dan meningkatkan kolaborasi antara kedua UPP di masa depan.

Sebagai penutup, Tim Satgas Saber Pungli Kota Payakumbuh menampilkan rangkuman kegiatan mereka dalam bentuk video kepada para tamu dari Padang Panjang.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait