Peringati HUT Kejaksaan ke-79, Kejaksaan Negeri Solok Selatan Laksanakan Upacara dan Potong Tumpeng

Kajari Solok Selatan Akbar Ali Memotong Tumpeng Usai Upacara Peringatan HUT Kejaksaan RI ke-79

TOPSUMBAR – Kepala Kejaksaan Negeri Solok Selatan, Akbar Ali memimpin Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kejaksaan Republik Indonesia ke-79 pada Senin, 2 September 2024.

Upacara tersebut diikuti para Kasi, Kasubbag, Kasubsi, Kaur dan seluruh pegawai Kejari Solok Selatan, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Solok Selatan beserta anggota.

“Pada peringatan Hari Lahir Kejaksaan ke-79 ini, mengangkat tema ‘Hari Lahir Kejaksaan sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat Generaal’,” kata Akbar Ali didampingi ketua panitia peringatan HUT Kejaksaan RI ke 79, Hamicko dan kasi Intel Kejari Solok Selatan, A. Saputra.

Bacaan Lainnya

“Upacara peringatan HUT Kejaksaan RI ke-79 ini kami akhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta doa kepada Allah SWT semoga Korps Adhyaksa semakin baik, tangguh, dan jaya sehingga dapat memberikan kerja dan karya nyata yang terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Akbar Ali.

Akbar Ali mengutip amanat Jaksa Agung yang sebelumnya dibacakan saat memimpin upacara peringatan HUT Kejaksaan RI ke-79.

Disebutkan, tepat pada hari ini, 79 (tujuh puluh sembilan) tahun yang lalu. Saat Negara Indonesia baru 15 (lima belas) hari memproklamasikan kemerdekaannya, institusi kejaksaan dilahirkan.

“Dilantiknya Meester de Rechten Gatot Taroenamihardja, sebagai Jaksa Agung pertama bersama dengan pembentukan Kabinet Presidensial pertama di Indonesia, menandai dimulainya peran Jaksa Agung dan Kejaksaan dalam mempertahankan kedaulatan hukum Indonesia,” katanya.

Saat ini Kejaksaan telah genap berusia 79 (tujuh puluh sembilan) tahun. Meski demikian upacara peringatan Hari Lahir Kejaksaan baru pertama kali kita selenggarakan, pasca diberlakukannya Keputusan Jaksa Agung Nomor 196 Tahun 2023 tentang Hari Lahir Kejaksaan RI.

Akbar Ali melanjutkan, Penentuan dan penetapan Hari Lahir Kejaksaan pada tanggal 2 September 1945 tidak ditentukan secara tiba-tiba.

Namun, melalui hasil penelitian panjang dari para Ahli Sejarah yang bekerja sama dengan Kejaksaan untuk menelusuri, menemukan, dan mengumpulkan arsip-arsip nasional yang tersebar di dalam maupun di luar negeri, terutama di Belanda.

“Selama ini kita memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) tanggal 22 Juli setiap tahunnya, mungkin masih banyak di antara kita yang menganggap peringatan HBA sebagai Hari Lahir Kejaksaan, padahal Kejaksaan lahir jauh sebelum itu,” kata Akbar Ali.

Akbar Ali menyebutkan, berbeda dari hari lahir, HBA mulai di peringati sejak tanggal 22 Juli 1960. Pada tanggal tersebut, terjadi perubahan mendasar pada struktur kelembagaan Kejaksaan.

“Berdasarkan rapat kabinet memutuskan bahwa Kejaksaan, yang pada masa itu Departemen Kejaksaan menjadi lembaga mandiri, terpisah dari Departemen Kehakiman sebagaimana yang dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 204/1960 tanggal 1 Agustus 1960,” pungkasnya.

(KMS)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait