Peringatan Maulid Nabi di SMAN 1 Kecamatan Pancung Soal, Teladani Akhlak Rasulullah Pendorong Karakter Generasi Muda

Peringatan Maulid Nabi di SMAN 1 Kecamatan Pancung Soal, Teladani Akhlak Rasulullah Pendorong Karakter Generasi Muda

TOPSUMBAR – SMAN 1 Kecamatan Pancung Soal (SMAN 1 PC Soal) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Rabu, 18 September 2024 di Musholla Ilmi SMAN 1 PC Soal, Nagari Rawa Gemulau.

Dengan tema “Meneladani Akhlak serta Meningkatkan Kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW,” acara ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman siswa tentang nilai-nilai kehidupan yang diajarkan Rasulullah SAW serta memperkuat karakter generasi muda.

Wakil Humas SMAN 1 PC Soal, Pelniwardi, dalam sambutannya menekankan pentingnya meneladani akhlak Rasulullah untuk membentuk generasi emas.

Bacaan Lainnya

“Acara ini tidak hanya untuk memperingati Maulid Nabi, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter siswa. Kami berharap mereka dapat menjadi agen perubahan yang penuh integritas dan disiplin,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pelniwardi juga mengajak para siswa untuk menjadikan peringatan ini sebagai momen refleksi diri.

“Semoga dengan acara ini, kita semua dapat memperbaiki diri dan meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW. Semoga acara ini membawa berkah bagi kita semua,” tambahnya.

Ketua Komite SMAN 1 PC Soal juga memberikan pesan penting tentang disiplin dan akhlak.

Ia menyatakan bahwa keduanya (red: disiplin dan akhlak) adalah fondasi utama kemajuan pendidikan.

“Akhlak yang baik dan disiplin adalah kunci sukses. Dengan keduanya, kita dapat membawa perubahan positif untuk diri sendiri, sekolah, dan bangsa,” ungkapnya.

Acara peringatan Maulid Nabi ini juga diisi dengan tausiyah oleh Buya Darlis, S.Pd.I, yang membahas tantangan zaman jahiliyyah dibandingkan dengan era modern saat ini.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Buya Darlis menyoroti dampak kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

“Teknologi seperti ponsel memudahkan akses informasi, namun kita harus bijak dalam penggunaannya. Penting bagi kita untuk menjadikan Rasulullah SAW sebagai teladan agar teknologi bisa dimanfaatkan untuk hal-hal positif,” tegasnya.

Dengan pesan-pesan mendalam dari berbagai pihak, acara ini diharapkan dapat membangkitkan semangat siswa SMAN 1 PC Soal untuk terus mengembangkan diri, baik dari segi ilmu pengetahuan maupun akhlak.

Peringatan Maulid Nabi ini menjadi ajang penting bagi sekolah untuk menanamkan nilai-nilai keislaman yang kuat sebagai bekal menyongsong masa depan.

(AB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait