Pemko Padang akan Gelar Peringatan Gempa Padang ke-15, Beragam Kegiatan Disiapkan

Pemko Padang akan Gelar Peringatan Gempa Padang ke-15, Beragam Kegiatan Disiapkan

TOPSUMBAR  –  Setiap tahun, Pemerintah Kota Padang secara rutin memperingati bencana gempa yang melanda kota tersebut pada 30 September 2009.

Tahun ini, peringatan tersebut dilaksanakan di Tugu Gempa, yang terletak di depan Museum Adityawarman, dan merupakan peringatan ke-15 sejak bencana besar itu terjadi.

Menurut Hendri Zulviton, Kepala Pelaksana BPBD Padang, kegiatan peringatan kali ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB).

Bacaan Lainnya

“Pada 30 September nanti, kami akan mengadakan tabur bunga di Tugu Gempa, diikuti dengan upacara dan pembunyian sirine,” jelas Hendri.

Peringatan ini bertujuan untuk mengulang sejarah dan memperkuat kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesiapsiagaan bencana.

Hendri menekankan bahwa HKB bukan sekadar acara peringatan, tetapi juga sebagai momen untuk melatih dan mengingatkan warga mengenai simulasi kesiapan menghadapi bencana.

“Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dirancang untuk mengasah kewaspadaan masyarakat terhadap kemungkinan bencana yang bisa terjadi kapan saja. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan penting bagi masyarakat dalam menghadapi situasi darurat, sehingga mereka lebih siap dan tanggap dalam menghadapi berbagai ancaman bencana,” kata Hendri.

Sebagai bagian dari peringatan HKB, BPBD Kota Padang menyelenggarakan berbagai kegiatan, termasuk lomba video tentang kesiapsiagaan bencana.

Lomba ini meliputi kategori video lagu mars tangguh antar kelompok siaga bencana di kelurahan se-Kota Padang, serta video kesiapsiagaan untuk tingkat SD dan SMP se-Kota Padang.

Selain itu, BPBD juga menggelar kampanye kesiapsiagaan bencana melalui talkshow di radio, simulasi evakuasi dan tsunami, kuliah umum mengenai kebencanaan, serta penyebaran poster dan imbauan kesiapsiagaan melalui media sosial.

Kegiatan ini diharapkan dapat lebih mendekatkan masyarakat pada praktik kesiapsiagaan bencana yang efektif dan tepat waktu.

(CIA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait