Pemkab Pasaman Barat Kembali Distribusikan Bantuan untuk 41 Rumah Rusak Sedang Korban Gempa Talamau

Pemkab Pasaman Barat Kembali Distribusikan Bantuan untuk 41 Rumah Rusak Sedang Korban Gempa Talamau

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) serahkan bantuan rumah rusak sedang secara simbolis ke korban gempa Talamau, Kamis (29/8/2024) di Aula Kantor Wali Nagari Kajai, Kecamatan Talamau.

Penyerahan itu langsung dilakukan oleh Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi didampingi Kabid Perumahan Dinas Perkimtan Pasbar Yuli Asra.

Turut hadir Kasatpol PP dan Damkar, Kabid Pertanahan, Bank Nagari, Wali Nagari, Sekna, Bamus, dan stakeholder terkait dan penerima simbolis Sarpin, Rozana, Khairuddin dan Guzmawati.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya, Pemkab Pasbar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam mengurus bantuan ini. Semoga, bantuan ini bermanfaat dan bisa digunakan sebaik mungkin,” kata Bupati Pasbar Hamsuardi, Senin (2/9/2024).

Kali ini kata Hamsuardi, yang menerima bantuan rumah rusak sedang korban gempa Talamau di Kajai sebanyak 41 Kepala Keluarga, kita serahkan secara simbolis dihadapan para penerima.

“Secara umum, masih banyak yang belum menerima bantuan. Dan ada juga yang belum terdata. Untuk itu, bagi yang belum terdata agar diusulkan kembali. Mudah-mudahan bisa kembali diproses baik itu kategori rumah rusak berat, rumah rusak sedang maupun rumah rusak ringan,” sebutnya.

Hamsuardi juga berpesan kepada para korban agar memberikan pengertian kepada penerima lainnya yang belum mendapat bantuan untuk tetap bersabar, karena saat ini bantuan lainnya masih di proses.

“Berikan informasi yang jelas kepada korban gempa lainnya, agar saling mengerti. Karena, proses bantuan ini sedang berjalan dan insyaallah secepatnya akan kembali dilakukan penyerahan,” ujarnya.

Disamping itu, Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Pasaman Barat Asri Hamdi melalui Kepala Bidang Perumahan Yuli Asra mengatakan terkait kronologi penyaluran bantuan gempa.
Dimana, aturan yang ada bahwa bantuan ini diberikan sesuai tingkat kerusakan, tiba-tiba status kedaruratan berubah.

“Dengan segala upaya, akhirnya ada kesepakatan bersama, sehingga bantuan bisa disalurkan,” terangnya.

Untuk diketahui, Kecamatan Talamau salah satu wilayah paling terdampak oleh gempa bumi. Sehingga, dari data yang mengalami kategori rusak sedang lebih kurang 700 unit. Sedangkan untuk kategori rusak ringan lebih kurang 2000 unit.

“Jika ada anggapan bahwa Pemkab Pasbar tidak tanggap terhadap bantuan itu, saya rasa salah besar. Karena, setiap proses kita harus mengikuti aturan yang ada. Dan kami dari instansi terkait sangat bertanggung jawab akan hal itu,” tegasnya.

Sedangkan untuk kategori swakelola, pengantaran material tahap 1 sudah terlaksana mencapai 60 persen, insyaallah minggu depan keseluruhan harus selesai 100 persen.

“Untuk tahap 2 akan dilaksanakan dari pertengahan bulan September – Oktober, semoga target kita selesai,” ujarnya.

Selanjutnya Pj Wali Nagari Kajai M. Ikhsan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Dinas Perkimtan Pasbar beserta rombongan yang sudah hadir ditengah masyarakat korban gempa Talamau.

“Bantuan itu sangat ditunggu oleh korban gempa, ini bukti nyata Bupati Pasbar Hamsuardi sangat peduli dengan masyarakat. Tentu, tak semudah itu menyalurkan, harus melalui beberapa tahapan baru penyaluran,” ucapnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait