Optimalisasi Anggaran, Rapat Banggar dan TAPD Bahas Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Solok Tahun 2024

Optimalisasi Anggaran, Rapat Banggar dan TAPD Bahas Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Solok Tahun 2024

TOPSUMBAR – Rapat kerja antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Solok dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) berlangsung di Rocky Hotel Padang pada Kamis, 26 September 2024.

Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Medison, yang mewakili Pjs Bupati Solok, serta dihadiri oleh Ketua DPRD Ivoni Munir, Wakil Ketua DPRD Armen Plani, para staf ahli, asisten, anggota Banggar DPRD, dan kepala OPD.

Dalam sambutannya, Medison menjelaskan bahwa penyusunan rancangan perubahan APBD Tahun 2024 mengacu pada KUA-PPAS yang telah ditetapkan pada 5 Agustus 2024 lalu.

Bacaan Lainnya

Ia menekankan pentingnya penyelarasan kebijakan antara pemerintah daerah, provinsi, dan pusat untuk mengoptimalkan alokasi anggaran setiap program dan kegiatan.

“Penyelarasan ini ditentukan berdasarkan target kinerja pelayanan publik dan sektor-sektor yang berkontribusi besar terhadap PDRB, guna mempercepat peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Solok,” ungkapnya.

Medison juga menginformasikan adanya penyesuaian pada rencana pendapatan yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan transfer dari pemerintah pusat.

“Pendapatan daerah dalam rancangan perubahan APBD ini bertambah sebesar Rp30,9 miliar, dari sebelumnya Rp1.312.735.000.000 menjadi Rp1.343.664.000.000,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Solok untuk mengelola keuangan daerah secara optimal, efisien, dan efektif, dengan fokus pada kebutuhan masyarakat, khususnya dalam pembenahan infrastruktur, sektor pertanian, UMKM, dan pariwisata.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan lebih mendalam mengenai Ranperda Perubahan APBD Tahun 2024, di mana para anggota Banggar dan TAPD akan berkolaborasi untuk memastikan penganggaran yang transparan dan akuntabel.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait