Ninik Mamak dan Masyarakat Dua Kecamatan di Pessel Dukung Epyardi Asda sebagai Cagub Sumbar

Ninik Mamak dan Masyarakat Dua Kecamatan di Pessel Dukung Epyardi Asda sebagai Cagub Sumbar

TOPSUMBAR – Dukungan terhadap Epyardi Asda sebagai calon Gubernur Sumatera Barat (Cagub Sumbar) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 terus mengalir, terutama dari dua kecamatan, Pancung Soal dan Air Pura, di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sebanyak 20 mamak pemangku adat secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap calon Gubernur Sumbar, Epyardi Asda saat acara konsolidasi yang berlangsung di Kecamatan Air Pura pada Selasa, 10 September 2024

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dari kedua kecamatan.

Bacaan Lainnya

Salah seorang tokoh agama setempat, Buya Rumin, turut hadir dan menyaksikan dukungan kuat yang ditunjukkan oleh para ninik mamak dari nagari-nagari di daerah tersebut.

Menurutnya, kehadiran mereka merupakan bentuk dukungan serius terhadap pencalonan Epyardi Asda sebagai Gubernur Sumbar.

Amril, salah satu ninik mamak yang berbicara dalam acara tersebut menyatakan bahwa, para tokoh adat yang hadir sudah terpilih dengan cermat dan memiliki loyalitas tinggi terhadap Epyardi.

Ia juga menegaskan bahwa dukungan masyarakat adat dari Pancung Soal dan Air Pura telah diberikan secara resmi dan legal.

“Para ninik mamak yang hadir hari ini berasal dari berbagai nagari yang terpilih dengan cermat dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap Bapak Epyardi. Dukungan dari masyarakat adat Pancung Soal dan Air Pura juga telah diberikans secara resmi dan legal,” ucap Amril dalam pidatonya.

Epyardi Asda, yang juga hadir di acara tersebut, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Masyarakat Pancung Soal dan Air Pura.

Ia mengakui bahwa Pancung Soal dan Air Pura adalah wilayah yang sejak lama menjadi basis dukungan terkuat baginya, bahkan sejak masa pencalonan anggota DPR sebelumnya.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan masyarakat dari Pancung Soal dan Air Pura, terutama para ninik mamak yang selama ini selalu berada di belakang saya,” ungkap Epyardi.

Dalam pidatonya, Epyardi menyampaikan kesamaan visi yang ia miliki dengan masyarakat Minangkabau.

Menurutnya, visi tersebut adalah keinginan bersama untuk mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya pemerintahan yang adil sebagai dasar dari kemakmuran yang diidamkan khususnya bagi masyarakat Sumbar.

Berbicara soal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya, Epyardi menyatakan bahwa hal tersebut masih menjadi pertimbangan dan akan diputuskan bersama.

Saat ini, ia mengaku mendapat dukungan dari koalisi partai yang cukup besar, di antaranya Golkar, PAN, PDI Perjuangan, Partai Gelora, dan Partai Buruh.

Meski demikian, ia menekankan bahwa setiap partai dan kelompok memiliki kebebasan untuk menentukan sikapnya sendiri dalam Pilkada 2024, sesuai dengan prinsip demokrasi.

Epyardi Asda optimis bahwa dukungan akan terus mengalir untuknya.

“Insyaallah, dukungan akan terus bertambah kepada kami. Begitu banyak pendukung yang menyatakan dukungannya kepada saya. Saya tidak berjanji sendiri, namun mari kita bersama mewujudkan Sumatera Barat yang lebih baik. Kita akan berfokus pada kesejahteraan dan penciptaan lapangan kerja demi memakmurkan masyarakat Sumbar,” ujarnya.

Ia juga berbicara tentang pencapaiannya dalam membangun infrastruktur di berbagai wilayah, termasuk upayanya mengatasi masalah banjir di daerah Muara Sakai.

“Dengan potensi yang kita miliki, kita dapat memastikan anak-anak kita mendapatkan pekerjaan yang layak. Kita sudah menghitungnya secara cermat, dan ini bisa kita wujudkan,” ujar Epyardi menutup pidatonya.

Dukungan yang besar dari masyarakat dan tokoh adat di Pancung Soal dan Air Pura menjadi modal kuat bagi Epyardi Asda dalam menghadapi Pilkada Sumbar 2024, dan ia berharap dapat membawa Sumatera Barat menuju kesejahteraan yang lebih baik di masa mendatang.

(AB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait