Nagari Sinuruik Miliki Perkebunan Tebu Pertama di Pasaman Barat, Potensi Kembangkan UMKM

Nagari Sinuruik Miliki Perkebunan Tebu Pertama di Pasaman Barat, Potensi Kembangkan UMKM

TOPSUMBAR – Air Salak Tinggam, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) merupakan satu-satunya wilayah di Kabupaten ini yang memiliki perkebunan tebu.

Nagari Sinuruik yang strategis berada di wilayah pegunungan dan masih banyak lahan persawahan dan sekarang mulai melirik ke pertanian tanaman tebu.

Wilayah ini merupakan satu-satunya perkebunan tebu yang berada di Kabupaten Pasaman Barat.

Bacaan Lainnya

Menurut Wali Nagari Sinuruik melalui Kasi Pemerintahan, Maifal, menjelaskan terkait kebun tebu milik Afrijon (58 tahun) warga Air Salak Tinggam, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat.

“Kebun tebu milik Afrijon tersebut memiliki luas seperempat hektar. Tapi, masih terus melakukan pengembangan yang luasnya melebihi yang sudah produksi,” kata Maifal, Rabu (4/9/2024).

Dijelaskan Maifal, Pemerintahan Nagari Sinuruik telah melakukan kunjungan ke lapangan untuk melihat langsung kondisi tebu tersebut. Yang mana, saat tiba di lapangan pihaknya langsung disuguhkan untuk memanen dan mencoba rasa tebu tersebut.

“Tebunya sangat luar biasa, manis, besar dan airnya banyak, pokoknya sangat bagus. Semoga, tebu ini terus dikembangkan baik secara pribadi maupun kelompok nantinya,” sebutnya.

Dengan kunjungan lapangan itu kata Maifal, ia akan melaporkannya ke Wali Nagari Sinuruik terkait langkah Pemerintahan Nagari dalam melakukan pembinaan terhadap petani tebu di wilayah ini.

Menurutnya, petani tebu membutuhkan perhatian yang serius dari Pemerintah khususnya di wilayah tersebut.

“Pokoknya, kita akan koordinasi dengan pimpinan dan akan membicarakan ini kedepan demi kesejahteraan petani khususnya tebu. Selain terkait pertaniannya, kita juga akan koordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Pasaman Barat. Karena, petani tebu itu sudah salah satu UMKM yang ada di Nagari Sinuruik,” ungkapnya juga.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait