Musda Pertama PPDI Pasaman Barat, Arsalan Pimpin Organisasi Perangkat Desa Periode 2024-2029

Musda Pertama PPDI Pasaman Barat, Arsalan Pimpin Organisasi Perangkat Desa Periode 2024-2029

TOPSUMBAR – Sekretaris Nagari Koto Gunung, Kecamatan Lembah Melintang, Arsalan, SP, terpilih sebagai ketua Persatuan Perangkat Desa/Nagari Indonesia (PPDI) Kabupaten Pasaman Barat periode 2024 – 2029.

Arsalan terpilih secara demokratis melalui proses pemilihan langsung dalam Musyawarah Daerah (Musda) pertama PPDI Kabupaten Pasaman Barat pada, Kamis (5/9/2024) di Aula Kantor Bupati setempat.

Musyawarah Daerah (Musda) pertama di Kabupaten Pasaman Barat itu dibuka oleh Wakil Bupati Pasaman Barat H. Risnawanto dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Pasaman Barat, Defi Irawan, S.Pd, Ketua PPDI Provinsi Sumatera Barat Dasril, serta perangkat nagari se-Kabupaten Pasaman Barat.

Bacaan Lainnya

Arsalan mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya Musda pertama yang telah direncanakan selama satu tahun terakhir ini.
Ia menekankan pentingnya semangat kebersamaan dan kolaborasi antar perangkat desa/nagari dalam membentuk organisasi yang solid.

Kesuksesan Musda ini kata Arsalan, tidak lepas dari tekad dan semangat para perangkat desa/nagari di Kabupaten Barat, yang mana, ia menginginkan sebuah wadah untuk kebersamaan.

“Musyawarah ini merupakan kemenangan kita bersama, dalam hal apapun kita harus bersama dalam membesarkan organisasi ini ke lebih maju. Kita kita harus bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dalam pembangunan daerah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Risnawanto, mengatakan peran perangkat nagari dalam mendukung program daerah sangat diharapkan.

Organisasi ini juga, diharapkan dapat memberikan masukan yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Dalam memajukan Nagari/Desa sangat dibutuhkan dengan kerja sama yang kuat, seperti dengan PPDI ini. Karena, organisasi ini didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berpendidikan. Sehingga, menjadi modal penting dalam memajukan Nagari/Desa,” sebut Risnawanto.

Dengan SDM yang handal kata Risnawanto, maka perencanaan yang matang dan analisis yang tepat dalam menyikapi kondisi serta kebutuhan masyarakat akan terlaksana dengan baik.
Sehingga, tujuan pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat itu akan tercapai.

Dalam hal ini, Risnawanto juga menegaskan bahwa sinergi antara perangkat nagari, kecamatan dan stakeholder lainnya sangat penting, guna memaksimalkan potensi yang ada diwilayahnya.

“Sinergitas antar sesama sangat penting, demi mewujudkan nagari yang maju, mandiri, dan sejahtera. Ini harus dimulai dari internal. Kesejahteraan masyarakat akan tercipta jika program strategis yang dibutuhkan masyarakat dapat berjalan dengan baik,” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, atas nama Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Risnawanto mengucapkan terima kasih kepada pengurus PPDI Provinsi Sumatera Barat yang sudah hadir pada Musda PPDI ke 1 Kabupaten Pasaman Barat tahun 2024.

Diketahui, pada Musda ke-1 PPDI Kabupaten Pasaman Barat, Arsalan, SP dari Nagari Koto Gunung terpilih sebagai Ketua, dan Rijalul Ihsan dari Nagari Sukamenanti sebagai Sekretaris, serta Samsudin Siregar dari Nagari Tandikek sebagai Bendahara.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait