Lagi, Atlet Padang Panjang Sumbang Medali PON XXI untuk Kontingen Sumbar

TOPSUMBAR – Lagi, atlet Padang Panjang sumbang medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara (Sumut) untuk kontingen Sumatera Barat (Sumbar).

Setelah sebelumnya dua atlet Padang Panjang berhasil menyumbang medali perak dan perunggu untuk kontingen Sumbar, yaitu medali Perak diraih Indra Mulyadi dari Cabang Olahraga Binaraga dan medali perunggu diraih M. Ivan Febrian dari Cabang Olahraga Hapkido.

Terbaru, atlet putri Padang Panjang Ade Wahyu Fadillah yang turut memperkuat Tim Arung Jeram Sumbar berhasil meraih medali perunggu Nomor R6 Putri PON XXI-2024 Aceh-Sumut.

Tim Arung Jeram Sumbar mengalahkan tim DKI Jakarta di Heat 11 Final B, Ahad (13/9/2024).

Bertanding di Sungai Alas dan Mamas, Kabupaten Aceh Tenggara, Ade dan kawan-kawan unggul atas tim putri DKI dalam catatan waktu. Mereka mencatatkan waktu 2 menit 13 detik untuk menyentuh finish. Sedangkan DKI Jakarta telat 5 detik dibanding mereka, yakni 2 menit 18 detik.

Tim yang diperkuat Intan, Merisa, Lidra, Ade, Aida dan Reski ini berlomba di Final B setelah di babak semifinal harus mengakui keunggulan tim Putri DIY. Mereka kalah cepat dibanding DIY dengan catatan waktu 2 menit 6 detik. Sementara lawannya unggul dengan kecepatan 1 menit 58 detik.

Ketua Pengprov Federasi Arung Jeram (FAJI) Sumbar, Rio Handevis, dilansir Kominfo Padang Panjang menyebutkan, di babak awal, tim putri ini terlebih dahulu mengalahkan tim tuan rumah Aceh. Ade dkk mencatatkan waktu 2 menit 1 detik. Sementara Aceh hanya mencatatkan waktu 2 menit 11 detik.

Dikatakan Rio, pencapaian ini tak terlepas dari kerja keras tim putri hingga akhirnya membuahkan prestasi yang cukup baik.

“Terima kasih untuk atlet-atlet yang sudah berjuang sehingga menambah perbendaharaan medali perunggu untuk Sumbar,” kata Rio.

Klasemen Perolehan Sementara Medali PON XXI Aceh-Sumut 2024, Minggu (15/9/2024) Pukul 22.00 WIB

Berdasarkan data yang sudah diinput pada Minggu (15/9/2024) hingga pukul 22.00 WIB, dikutip Topsumbar.co.id, perolehan sementara medali Sumbar masih berada di posisi 28 dari 38 propinsi dengan raihan 1 medali emas, 6 perak, dan 14 perunggu.

Sedangkan posisi pertama sementara dipuncaki kontingen DKI Jakarta dengan 100 emas, 85 perak, dan 82 perunggu.

Posisi kedua Jawa Barat dengan raihan 90 emas, 85 perak, dan 92 perunggu. Lalu posisi ketiga Jawa Timur mengemas 88 emas, 82 perak, dan 83 perunggu.

Posisi keempat ditempati tuan rumah Sumatera Utara dengan 47 emas, 24 perak, dan 55 perunggu.

Aceh yang juga sebagai tuan rumah di urutan kelima dengan 39 emas, 35 perak, dan 35 perunggu.

(AL)

Pos terkait