KPU Sijunjung Percepat Persiapan Pilkada 2024

KPU Sijunjung Percepat Persiapan Pilkada 2024

TOPSUMBAR – Dalam sisa waktu 2 bulan 6 hari jelang pencoblosan, KPU Sijunjung bersama badan adhoc terkait terus matangkan persiapan Pilkada 2024 pada Jumat, 20 September 2024.

Bersamaan dengan pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT yang jumlahnya 173.347 pemilih se-Kabupaten Sijunjung, Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga tengah sibuk melakukan seleksi penerimaan KPPS.

“Hingga saat ini, sudah 15 orang yang mendaftar menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” ungkap Afnia Junia Soneta di Nagari Muaro Bodi.

Bacaan Lainnya

Pendaftaran KPPS berlangsung mulai tanggal 17 hingga 28 September 2024.

Pada Pilkada 2024 ini, jumlah TPS di Nagari Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari yaitu enam TPS, sehingga dibutuhkan 42 orang anggota KPPS.

“Setiap pendaftar yang datang, kami periksa kelengkapan dokumennya,” ujar Soneta didampingi Yodi.

Bagi masyarakat yang berminat menjadi “Pahlawan Demokrasi” anggota KPPS pada Pilkada 2024, berikut adalah persyaratan bagi masyarakat yang ingin menjadi anggota KPPS pada Pilkada 2024:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia minimal 17 tahun.
  3. Setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, serta nilai-nilai Proklamasi 17 Agustus 1945.
  4. Memiliki integritas yang tinggi, bersikap jujur, dan adil.
  5. Tidak menjadi anggota partai politik dalam lima tahun terakhir, yang dibuktikan dengan surat pernyataan resmi dari pengurus partai politik terkait.
  6. Berdomisili di wilayah kerja PPK, PPS, atau KPPS.
  7. Sehat secara jasmani dan rohani, serta bebas dari narkotika.
  8. Memiliki pendidikan minimal setara SMA.
  9. Tidak pernah dijatuhi hukuman penjara berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap dengan ancaman pidana lima tahun atau lebih.

“Selanjutnya, tahapan Pilkada 2024 akan berlanjut dengan pengundian nomor urut pasangan calon dan Deklarasi Pilkada Damai,” tutup Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan SDM KPU Sijunjung, Juni Wandri, SH, M.Kn, pada Kamis 19 September 2024.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait