KPU Sijunjung Genjot Partisipasi Pemilih Melalui Sosialisasi Pemilih Pemula

KPU Sijunjung Genjot Partisipasi Pemilih Melalui Sosialisasi Pemilih Pemula

TOPSUMBAR – KPU Sijunjung melakukan sosialisasi Pilkada serentak 2024 kepada siswa/siswi SMKN 8 Sijunjung di Kecamatan Sumpur Kudus pada Kamis, 5 September 2024.

Sosialisasi dilakukan KPU dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, penyampaian informasi tahapan penyelenggaraan Pilkada guna memilih gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati.

Dalam paparannya, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Ria Meilani mengajak pemilih pemula untuk menggunakan haknya dalam Pilkada serentak 2024.

Bacaan Lainnya

Penyampaikan sosialisasi itu bertujuan, guna memastikan masyarakat/pemilih pemula mengetahui setiap informasi dalam tahapan Pilkada, sehingga asas LUBER JURDIL (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil) dapat terwujud.

KPU juga menyampaikan, bahwa tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPU adalah penetapan calon.

Pada tahap kampanye, masyarakat dihimbau agar betul-betul memahami visi-misi calon yang akan dipilih.

Sebagai pemilih pemula, diharapkan dapat menjadi pemilih pemula yang cerdas, pemilih yang menolak praktik-praktik money politik, pemilih yang mau menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS.

Pemilih atau masyarakat dapat melakukan pengecekan melalui situs cek.dptonline guna mengetahui TPS tempatnya memilih.

Pemilih tinggal memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), maka akan tampil menu pemilih atau masyarakat terdaftar di TPS sesuai pendataan.

KPU Sijunjung, dalam sosialisasi tersebut juga memberikan beberapa doorprize bagi siswa/siswi yang mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan mengetahui beberapa hal terkait Pilkada 2024.

Sosialisasi yang berlangsung seru tersebut, diakhiri dengan sesi poto bersama.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait