Kolaborasi Lintas Negara HUT PMI ke-79: BSMM, USIM, dan PMI Tanjung Jabung Kunjungi PMI Bukittinggi

Kolaborasi Lintas Negara HUT PMI ke-79: BSMM, USIM, dan PMI Tanjung Jabung Kunjungi PMI Bukittinggi

TOPSUMBAR – Pengurus Bulan Sabit Merah Negeri Sembilan Cabang Jempol Malaysia (BSMM) bersama dosen dan mahasiswa Universitas Sains Islam Malaysia (USIM)  Negeri Sembilan serta PMI Tanjung Jabung Provinsi Jambi.

Melakukan kunjungan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Bukittinggi bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun PMI ke-79 pada Selasa, 17 September 2024.

Ketua PMI Bukittinggi, Chairunnas, mengungkapkan bahwa rombongan BSMM dan mahasiswa USIM tiba di Bukittinggi pada Minggu, 15 September 2024.

Bacaan Lainnya

Pada hari kedatangan, mereka langsung melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas Politani Payakumbuh.

“Rangkaian kunjungan dilanjutkan pada hari kedua dengan mengunjungi PMI Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. Bersama PMI Kota Bukittinggi dan PMI Kecamatan, rombongan mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat di tempat wisata Panorama Baru,” ujar Chairunnas.

Pada hari terakhir kunjungan, Selasa, 17 September 2024, di pagi hari rombongan mengunjungi Universitas Muhammad Natsir, dan siang harinya dilanjutkan dengan kunjungan ke markas PMI Bukittinggi.

Di sana, mereka melakukan sesi berbagi pengalaman bersama PMI Bukittinggi dan PMI Tanjung Jabung Provinsi Jambi.

Ketua rombongan BSMM, Tuan Rita Kamal Bin Mohammad Yunus, menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat dari PMI Bukittinggi dan berharap kunjungan ini dapat mempererat hubungan antar negara dalam bidang kemanusiaan.

“Saya sangat kagum dengan kinerja PMI Bukittinggi. Banyak sekali pelajaran yang kami dapatkan dari kunjungan ini. Saya bangga dengan PMI Bukittinggi atas kinerjanya yang luar biasa dalam hal donor darah maupun kegiatan kemanusiaan,” ujar Tuan Rita.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama internasional di bidang kesehatan dan sosial, serta mendorong semangat kemanusiaan di kalangan generasi muda kedua negara.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kabupaten Tanjung Jabung, Dr. Hendrianto, S.IP, SKM, M.Kes, juga menyampaikan apresiasinya terhadap PMI Bukittinggi.

“Kinerja PMI sangat luar biasa, terutama dalam hal membangun kepercayaan masyarakat sehingga mereka bersedia menjadi donatur. Ini yang akan kami pelajari lebih lanjut,” jelas Hendrianto.

Kunjungan ini diakhiri dengan harapan bahwa hubungan antar organisasi kemanusiaan kedua negara kedepannya akan terus berkembang demi tujuan bersama dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait