Kilas Balik Gempa Dahsyat Padang 30 September 2009, Ribuan Korban dan Peringatan yang Tak Terlupakan

Kilas Balik Gempa Dahsyat Padang 30 September 2009, Ribuan Korban dan Peringatan yang Tak Terlupakan

Peringatan 15 Tahun Gempa Padang 30 September 2009

Gempa besar yang telah mengguncang Sumatera Barat 15 tahun yang lalu telah menyisakan kenangan yang mendalam bagi para korban khususnya bagi warga di Kota Padang.

Pada tahun ini, BPBD Kota Padang telah menyiapkan serangkaian kegiatan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat serta pengingat akan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Bacaan Lainnya

Peringatan 15 tahun Gempa 30 September ini juga dibarengi dengan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN).

Sebagai bagian dari kampanye kesiapsiagaan, BPBD Kota Padang juga akan menggelar kegiatan sosialisai, talkshow kebencanaan di radio lokal, simulasi evakuasi dan tsunami, kuliah umum tentang kebencanaan, dan penyebaran poster serta himbauan kesiapsiagaan.

Selain itu, pembenahan juga dilakukan untuk tugu gempa tersebut sebagai tanda penghormatan bagi para korban gempa 2009 dan pengingat bagi masyarakat akan penitngnya kesiapsiagaan menghadapi bencana di masa mendatang.

“Bencana tidak dapat kita prediksi, namun kesiapsiagaan dapat kita siapkan dengan baik. Semoga dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih sadar akan risiko bencana dan siap menghadapi potensi gempabumi dan tsunami,” ucap Hendri Zulviton, Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang dikutip pada Senin, 30 September 2024.

Tugu gempa ini telah menjadi simbol penting dalam sejarah Kota Padang dan Sumatera Barat sebagai tanpa peringatan atas bencana besar yang pernah terjadi.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait