Ketua TP PKK Kabupaten Solok Hadiri Temu Ramah Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Nagari Batu Banyak

Ketua TP PKK Kabupaten Solok Hadiri Temu Ramah Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Nagari Batu Banyak

TOPSUMBAR – Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Emiko Epyardi Asda menghadiri acara temu ramah Niniak Mamak dan Budo Kanduang di Nagari Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya.

Acara ini berlangsung pada Jumat, 13 September 2024 dan bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta menguatkan adat dan budaya Minangkabau khususnya di Nagari Batu Banyak.

Sejumlah tokoh turut hadir pada kesempatan tersebut yakni, Bupati Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Pimpinan DPRD Kabupaten Solok.

Bacaan Lainnya

Hadir pula Tokoh masyarakat serta Anggota DPRD Sumbar Terpilih Periode 2024-2029, Kepala OPD, Camat, Niniak Mamak, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang Nagari Batu Banyak, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Nagari Batu Banyak, Viva Martha, mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh tamu undangan, termasuk perwakilan Bupati dan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok.

Ia mengungkapkan bahwa acara ini difasilitasi oleh lembaga-lembaga di Nagari Batu Banyak.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati yang mewakili beserta Ketua TP PKK Kabupaten Solok, serta tamu undangan yang hadir pada hari ini. Alhamdulillah, acara ini difasilitasi oleh lembaga-lembaga di Nagari Batu Banyak sehingga kita dapat melaksanakan acara temu ramah pada hari ini,” ujarnya.

Ia berharap acara tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam menjaga adat dan budaya Minangkabau.

Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Emiko Epyardi Asda, dalam sambutannya turut menyampaikan apresiasi atas undangan yang diberikan.

Menurutnya, peran Bundo Kanduang sebagai sosok ibu sejati sangat penting dalam pengembangan serta pelestarian budaya Minangkabau.

“Bundo Kanduang juga memiliki tugas besar dalam membentengi anak-anak dari pengaruh negatif perkembangan zaman, sambil tetap menjaga adat istiadat,” ujarnya.

“Saya mengajak Niniak Mamak dan Bundo Kanduang khususnya di Nagari Batu Banyak untuk dapat kembali memperkuat peran sesuai prinsip ‘Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah’,” tambahnya.

Sementara itu, Safrudin, yang mewakili Bupati Solok, menyampaikan permohonan maaf dari Bupati yang tidak dapat hadir karena agenda lain yang tidak bisa diwakilkan.

Ia menegaskan pentingnya acara ini sebagai upaya pelestarian adat dan budaya, sesuai visi-misi Kabupaten Solok di bawah kepemimpinan Bupati Epyardi Asda.

“Pembangunan mental dan karakter generasi muda sangat penting, dan peran Niniak Mamak serta Bundo Kanduang sangat diperlukan dalam proses tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan bukan hanya sekedar fisik semata, melainkan mental juga perlu dilakukan pembangunan.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah merasa sangat bangga kepada niniak mamak dan bundo kanduang. Acara ini memiliki dampak yang positif bagi keberlangsungan perkembangan anak kita,” tutupnnya.

Acara ini dilanjutkan dengan penyerahan berbagai bantuan sosial.

Bupati Solok dan Ketua TP-PKK memberikan selimut kepada lansia, bantuan nutrisi untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu, serta buku PKH yang merupakan program dari Dinas Sosial kepada masyarakat yang berhak.

Selain itu, diserahkan pula Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak-anak di Nagari Batu Banyak yang merupakan program dari Dinas PPKBP3A.

Sebagai penutup, Dinas Pertanian menyerahkan bibit pertanian kepada kelompok tani di Nagari Batu Banyak, berupa bibit padi, bibit alpukat, dan bibit manggis, guna mendukung program pertanian di wilayah tersebut.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait