Kemenkominfo Gelar Webinar Literasi Digital di Solok Selatan, Bahas Tips dan Trik Jaga Keamanan Privasi

Kemenkominfo Gelar Webinar Literasi Digital di Solok Selatan, Bahas Tips dan Trik Jaga Keamanan Privasi

TOPSUMBAR – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan menggelar webinar mengenai keamanan privasi digital di Kabupaten Solok Selatan pada Selasa, 10 September 2024, pukul 09.00 WIB.

Acara ini, berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, dan bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai cara melindungi data pribadi di dunia digital.

Webinar bertema “Tips & Trik Cara Menjaga Keamanan Privasi Secara Digital” akan diikuti oleh pelajar dan tenaga pendidik melalui nonton bareng (nobar) dari sekolah masing-masing.

Bacaan Lainnya

Acara ini akan menghadirkan empat narasumber, yakni Noviana Idaningrum, Kepala Seksi SMA dan SLB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Solok Selatan; Ardiansyah, praktisi dan konsultan IT; Septa Dinata, dosen Universitas Paramadina Jakarta; dan Firdha sebagai moderator.

“Peserta webinar dapat mendaftar secara gratis melalui link registrasi di (https://s.id/RegPendidikanSumatera1009). Selain e-sertifikat, panitia juga menyediakan voucher e-wallet senilai Rp 1.000.000 untuk sepuluh peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik selama acara,” ujar Kemkominfo melalui rilisnya kepada awak media pada Senin, 9 September 2024.

Kemkominfo juga menjelaskan bahwa menjaga keamanan privasi digital sangat penting untuk mencegah kerugian finansial akibat bocornya data pribadi.

Beberapa langkah yang disarankan meliputi pembuatan password yang kuat dan unik, serta berhati-hati dalam mengklik tautan dari sumber yang tidak dikenal.

“Webinar ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Kemkominfo, yang bertujuan untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia. Program GNLD diharapkan dapat meningkatkan literasi digital hingga 50 juta orang pada akhir 2024,” tambahnya.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada 2024 mencapai 221,5 juta orang, dengan tingkat penetrasi internet mencapai 79,5 persen.

Program #MakinCakapDigital yang diluncurkan pada Februari 2024 bertujuan untuk memanfaatkan teknologi digital secara positif dan aman.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai literasi digital, kunjungi laman info.literasidigital.id atau media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait