Kelompok Tani Sawit Ujung Tanggul Jaya Timbun Jalan Pertanian Menuju Dua Nagari di Pessel

Kelompok Tani Sawit Ujung Tanggul Jaya Timbun Jalan Pertanian Menuju Dua Nagari di Pessel

TOPSUMBAR – Kelompok Tani Sawit Ujung Tanggul Jaya telah membuka akses penimbunan jalan pertanian sepanjang 5 kilometer yang menghubungkan Nagari Simpang Lama dan Nagari Tigo Sepakat di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan.

Pembangunan jalan ini sepenuhnya didanai secara swadaya oleh anggota kelompok tani tersebut.

Ketua Kelompok Tani Sawit Ujung Tanggul Jaya, Busman Indra, menyampaikan bahwa dengan adanya penimbunan ini, masyarakat kini memiliki dua alternatif jalan yang bisa digunakan, yaitu melalui Ujung Tanggul atau Tigo Sepakat.

Bacaan Lainnya

“Sekarang masyarakat bisa memilih, apakah ingin melalui jalan Ujung Tanggul atau Tigo Sepakat, keduanya hampir sepenuhnya tertutup koral,” ungkapnya pada Jumat, (15/9/2024).

Sebelum jalan ini ditimbun, warga Nagari Simpang Lama yang ingin pergi ke ladang atau kebun harus melewati jalan yang becek, berlumpur, dan sangat sulit dilalui, terutama saat musim hujan.

Dengan adanya penimbunan, diharapkan akses ke ladang menjadi lebih mudah dan nyaman.

Proyek ini mendapatkan apresiasi tinggi dari anggota kelompok tani.

Penimbunan jalan ini dianggap sangat penting karena dapat memperlancar arus transportasi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat dari kedua nagari tersebut.

Selain itu, jalan ini juga diharapkan mampu mempercepat pergerakan ekonomi masyarakat setempat.

“Penimbunan jalan ini akan sangat membantu dalam pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat, sehingga bisa lebih cepat dipasarkan,” tutup Busman Indra.

(AB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait