Kadis Kominfo Batam Klarifikasi Hoaks Pengerahan Massa, Ini Faktanya!

Kadis Kominfo Batam Klarifikasi Hoaks Pengerahan Massa, Ini Faktanya!

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diiringi dengan pelantikan Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Batam serta peresmian penggunaan kembali Masjid Agung Batam setelah renovasi.

Acara ini akan berlangsung pada Minggu, 15 September 2024 besok, dengan penceramah KH. Luqmanulhakim dari Pondok Masjid Munzalan Ashabul Yamin, Pontianak.

Sayangnya, menjelang acara tersebut, beredar hoaks melalui pesan berantai di grup WhatsApp yang menyatakan adanya pengerahan massa dengan biaya transportasi yang diduga bersumber dari dana operasional provinsi.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam, Rudi Panjaitan, memberikan klarifikasi terkait kabar bohong tersebut.

“Kami sangat menyayangkan adanya pihak yang tidak bertanggung jawab menyebarkan hoaks terkait pengerahan massa dengan menggunakan dana operasional provinsi,” ujar Rudi pada Sabtu, 14 September 2024.

Ia menegaskan bahwa acara ini murni kegiatan peringatan Maulid Nabi yang digelar Pemko Batam, dan tidak ada unsur kewajiban ataupun kompensasi transportasi bagi masyarakat yang hadir.

Pesan hoaks yang beredar seolah-olah berasal dari panitia penyelenggara, dengan instruksi kepada RT/RW untuk menghadirkan warganya serta menggunakan dana operasional yang diklaim dapat dipertanggungjawabkan melalui laporan keuangan.

“Ini adalah informasi palsu yang disebarkan untuk menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat,” tambah Rudi.

Rudi juga memastikan bahwa panitia secara terbuka mengundang seluruh jemaah dan masyarakat Kota Batam untuk ikut serta dalam peringatan Maulid Nabi tanpa adanya keharusan untuk hadir ataupun insentif transportasi.

“Kami mengundang masyarakat secara sukarela, tanpa embel-embel kewajiban ataupun iming-iming biaya transportasi,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, sebelumnya juga telah mengundang warga Batam untuk menghadiri peresmian Masjid Agung dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara akan dimulai dengan shalat Maghrib berjemaah, dengan dress code putih.

Ia berharap acara berjalan lancar dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama memperingati Maulid Nabi di Masjid Agung.

“Ayo, kita bersama-sama meramaikan masjid dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW,” ajaknya.

(RK)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait