Kabar Gembira! Pemkab Pasbar Buka 1.200 Formasi PPPK, Prioritaskan Tenaga Honorer Berpengalaman

Kabar Gembira! Pemkab Pasbar Buka 1.200 Formasi PPPK, Prioritaskan Tenaga Honorer Berpengalaman

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) buka formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.200 orang, guna peningkatan kinerja dan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Dengan pembukaan formasi ini, semoga tenaga honor yang sudah lama mengabdi bisa meraih status kepegawaian yang lebih jelas dan memiliki perlindungan kerja yang lebih baik,” kata Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi, Rabu (4/9/2024).

Menurut Hamsuardi, adanya PPPK diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik di berbagai sektor, seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya PPPK ini, kami berharap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat menjadi lebih profesional dan optimal dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, Pemkab Pasbar memiliki 4.000 tenaga honorer yang berpengalaman dan diusulkan untuk formasi PPPK.
Pada tahun 2024 ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menyetujui usulan tersebut sesuai Surat Keputusan Menpan RB Nomor 329 Tahun 2024, tertanggal 2 Agustus 2024.

Berdasarkan SK Menpan RB itulah, dibuka formasi PPPK untuk 1.200 orang yang terdiri dari 496 guru, 4 tenaga kesehatan, dan 700 tenaga teknis.

“Ini merupakan upaya Pemkab Pasbar dalam mensejahterakan masyarakat, khususnya yang mengabdi dilingkungan pemerintah,” tandasnya.

Disamping itu disampaikan Kepala BKPSDM Pasaman Barat, Agusli, bahwa pendaftaran PPPK direncanakan akan dimulai pada akhir September atau Oktober 2024, sementara pelaksanaan tes akan dilaksanakan pada November 2024.

Agusli mengingatkan calon pelamar PPPK Pasaman Barat untuk mempersiapkan diri dengan baik, terutama dalam hal administrasi, seperti melengkapi dokumen persyaratan, termasuk ijazah, sertifikat keahlian, KTP, dan dokumen lainnya.

Selain persiapan administratif, Agusli juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental menjelang ujian.

“Pastikan dokumen diunggah dengan benar saat pendaftaran online nanti. Kondisi fisik dan mental yang baik sangat diperlukan untuk menghadapi ujian secara optimal. Dengan persiapan yang matang, Insya Allah, para pelamar akan berhasil dan sukses,” ujarnya.

Kabid Mutasi BKPSDM Pasaman Barat, Laila, menambahkan, agar calon pelamar melakukan persiapan pengetahuan dan keterampilan, termasuk meningkatkan kompetensi pribadi dengan mengikuti pelatihan atau kursus yang relevan dengan formasi yang dilamar.

“Sering-seringlah membaca literatur yang sesuai dan berlatih dengan perangkat lunak simulasi CAT agar terbiasa dengan tampilan dan cara pengerjaan soal,” imbau Laila.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait