Jokowi Resmi Lantik Gus Ipul sebagai Mensos, Gantikan Risma yang Maju Pilgub Jatim

Jokowi Resmi Lantik Gus Ipul sebagai Mensos, Gantikan Risma yang Maju Pilgub Jatim

TOPSUMBAR – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melantik Saifullah Yusuf, yang akrab disapa Gus Ipul, sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Tri Rismaharini yang mengundurkan diri untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Timur.

Pelantikan ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 11 September 2024 dan dipimpin langsung oleh Jokowi.

Dalam acara tersebut, Gus Ipul mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden.

Bacaan Lainnya

Sejumlah pejabat negara turut hadir pada kesempatan itu, termasuk Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Turut hadir pula Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar dan Kepala Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbawa Yudhi Sadewa.

Pelantikan Gus Ipul sebagai Mensos dilakukan setelah Jokowi mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Tri Rismaharini pada 6 September 2024, yang tercatat dengan nomor No. 100/P Tahun 2024.

Risma mundur dari jabatannya untuk maju dalam Pilgub Jawa Timur bersama H. Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans sebagai calon wakil gubernur.

Menanggapi posisinya sebagai Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul mengonfirmasi bahwa ia otomatis mundur dari jabatan tersebut.

“Saya akan mengajukan pengunduran diri, yang kemudian akan diproses melalui pemerintah provinsi hingga ke Kementerian Dalam Negeri. Prosesnya berjalan normal dan nantinya Wakil Wali Kota yang akan melanjutkan tugas saya,” jelas Gus Ipul dikutip dari detiknews.

Gus Ipul juga mengungkapkan bahwa ia baru menerima informasi mengenai pelantikannya oleh Presiden Jokowi satu atau dua hari sebelum acara pelantikan.

“Saya masih mempelajari tugas-tugas seorang Menteri Sosial, namun prinsipnya adalah membantu presiden untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan,” ungkap Gus Ipul.

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait