Jelang Apel Kesiapsiagaan Mentawai Megathrust, Mahyeldi Sambut Kunjungan Kepala BNBP di Sumbar

Jelang Apel Kesiapsiagaan Mentawai Megathrust, Mahyeldi Sambut Kunjungan Kepala BNBP di Sumbar

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar, menyambut kedatangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Rabu, 4 September 2024.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk memimpin Apel Kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana Mentawai Megathrust.

Diketahui, Letjen Suharyanto tiba di BIM sekitar pukul 21.00 WIB bersama rombongan dan melanjutkan perjalanan ke Kota Padang untuk beristirahat sebelum bertolak ke Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Kamis, 5 September 2024.

Bacaan Lainnya

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut setelah sempat tertunda karena fokus BNPB beberapa hari sebelumnya terpusat pada penanganan banjir bandang di Ternate.

Mahyeldi menyampaikan apresiasinya atas perhatian pemerintah pusat terhadap kesiapsiagaan kebencanaan di Sumbar.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas perhatian BNPB untuk Sumbar. Kehadiran Kepala BNPB di sini untuk memimpin Apel Kesiapsiagaan Mentawai Megathrust sangat penting,” ujar Mahyeldi.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya kesiapsiagaan terhadap berbagai potensi bencana, terutama gempa bumi yang waktu kejadiannya tidak dapat diprediksi dengan teknologi saat ini.

“Kesiapsiagaan adalah kewajiban kita bersama. Meskipun tidak ada yang dapat memastikan kapan bencana akan terjadi, kita harus selalu siap,” lanjut Mahyeldi.

Dalam kesempatan itu, Mahyeldi juga memberikan laporan mengenai penanganan pascabencana longsor dan banjir lahar dingin yang terjadi di Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang.

Ia menyebut bahwa proses pemulihan berjalan dengan baik, dan masyarakat telah kembali beraktivitas normal.

“Selain itu, pembangunan sabodam di Gunung Marapi sudah mulai dilaksanakan sebagai bagian dari upaya mitigasi terhadap potensi bencana banjir lahar dingin dan longsor di masa depan,” tambahnya.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait