Jalan Penghubung Pengambiran-Simaninggir di Pasaman Barat Hampir Rampung, Warga Apresiasi Kinerja Bupati

Jalan Penghubung Pengambiran-Simaninggir di Pasaman Barat Hampir Rampung, Warga Apresiasi Kinerja Bupati

TOPSUMBAR – Proyek pengaspalan jalan di Jorong Pengambiran menuju Jorong Simaninggir, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hampir rampung dikerjakan.

“Awalnya jalan ini bebatuan dan sempit, sekarang selain mulus juga lebar. Sehingga masyarakat senang melintasinya,” kata seorang warga setempat, Mirlan, kepada topsumbar.co.id, Rabu (4/9/2024).

Pembangunan jalan ini kata Mirlan, sudah lama dinantikan masyarakat, baik masyarakat Jorong Pangambiran, Aek Garingging maupun Simaninggir.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, baru di kepemimpinan Bupati, Hamsuardi jalan ini dapat dibangun hingga tuntas, sehingga jalan utama masyarakat telah mulus dan lebar.

“Penantian panjang masyarakat akhirnya terlaksana di masa kepemimpinan Bupati, Hamsuardi, patut kami berterima kasih,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dulu masyarakat kesulitan untuk melintasi jalan ini, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Karena, selain bebatuan juga banyak bertanah, apalagi di musim hujan banyak lumpur dan genangan air di badan jalan, sehingga sulit melintasinya.

“Sekarang sudah lancar tanpa kendala, mau hujan atau panas jalan sudah lancar. Dengan jalan ini, hubungan masyarakatpun semakin dekat,” ujarnya.

Selanjutnya dikatakan Pj Wali Nagari Pematang Panjang, Herman, bahwa dengan teraspal nya jalan utama nagari ini, maka lancar pula hubungan antar kejorongan.

“Hubungan masyarakat baik itu Tombang Padang, Aek Nabirong, Simaninggir, Aek Garingging dan Pangambiran semakin dekat. Sekarang tinggal Jorong Rurapatontang yang akses jalannya baru akan dikerjakan melalui program bakti karya oleh TNI,” jelas Herman.

Kami atas nama Nagari Pematang Panjang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi atas perhatiannya kepada kenagarian kami ini.

“Selain pembangunan jalan, masyarakat kami juga telah merasakan program UHC Pasaman Barat sehat, sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Hamsuardi,” ulangnya.

Disamping itu, Kepal Dinas Pekerjaan Umum Pasaman Barat, Elifsan, melalui Kabid Bina Marga, Bambang Sumarsono, mengatakan bahwa proyek ini merupakan pekerjaan Long Segment Jalan Paket 1 (DAK) Ruas Jalan Pengambiran – Simaninggir dan Jalan Paroman Sawah – Kampung Pinang.

Proyek ini terletak di dua kecamatan yaitu Kecamatan Koto Balingka dengan ruas Pangambiran – Simaninggir dan Kecamatan Ranah Batahan dengan ruas Paraman Sawah – Kampung Pinang.

Ia juga menuturkan bahwa, proyek jalan penghubung Pangambiran – Simaninggir dan Paraman Sawah – Kampung Pinang ini dikerjakan oleh PT Anugerah Karya Bersama Persada (AKBP) dengan nilai kontrak sebesar Rp 6.470.591.050, yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024.

“Kami dari Dinas PU Pasbar juga sangat berterima kasih kepada masyarakat yang ikut mensukseskan lancarnya kegiatan di lapangan. Semoga, pekerjaan ini rampung 100 persen. Karena, pekerjaan yang tinggal hanyalah bahu jalan,” ucapnya.

Secara terpisah, Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi, mengatakan bahwa pemerintah memiliki tanggungjawab terhadap kesejahteraan masyarakat.

Ia berharap, setiap unit pemerintah mampu mewujudkan kesejahteraan hingga ke tingkat nagari.

Untuk Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat sendiri, salah satu wujud nyata mensejahterakan masyarakat adalah membangun jalan masyarakat.

“Pengaspalan jalan Pangambiran – Simaninggir dan Paraman Sawah – Kampung Pinang merupakan wujud nyata pemkab Pasaman Barat. Mudah – mudahan jalan ini yang menjadi impian masyarakat selama berpuluh-puluh tahun mendapat berkah dari Allah SWT. Sehingga, dapat memperlancar kegiatan usaha perekonomian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik,” ujarnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait