HUT PMI Ke-79 di Kelurahan Air Dingin Sawahlunto, Disertai Penyerahan 50 Bibit Tanaman Produktif

HUT PMI Ke-79 di Kelurahan Air Dingin Sawahlunto, Disertai Penyerahan 50 Bibit Tanaman Produktif

TOPSUMBAR – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-79 tahun 2024 dipusatkan di Kelurahan Air Dingin, Kota Sawahlunto pada Minggu, 15 September 2024, dua hari sebelum perayaan resmi pada 17 September.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari seratus peserta yang mengikuti upacara di halaman Kantor Kelurahan Air Dingin.

Bertindak sebagai pembina upacara, Ketua PMI Kota Sawahlunto, dr. Hj. Mevyta Belani Husman, M.P.H., didampingi oleh Kepala Markas PMI, Kukuh Sunarno, serta Pembina Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Sawahlunto, Desniwar.

Bacaan Lainnya

Dalam pidatonya, Mevyta menekankan pentingnya penghijauan dan penanaman pohon untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

“Penanaman pohon memiliki banyak manfaat, selain untuk proses asimilasi, juga penting untuk menjaga ekosistem dan mengurangi emisi gas yang kian meningkat. Kondisi ini diperburuk oleh penebangan liar dan pemanfaatan lahan yang tidak tepat, yang berkontribusi pada kenaikan suhu bumi hingga di atas 30 derajat Celsius,” ujar Mevyta, yang juga merupakan istri dari mantan Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, S.H., (periode 2018-2023).

Upacara ini juga dihadiri oleh 25 siswa SMAN 1 Sawahlunto yang tergabung dalam PMR WIRA, serta beberapa tokoh masyarakat seperti Staf Kelurahan Air Dingin, Yurnalis, yang mewakili Lurah Ariyanti Yusningsih; Ketua PKK Kelurahan, Juanis; Ketua LPM, Hendro Kuswoyo; Ketua RT 02 RW 02, Misno; Ketua RW 01, Abu Bakar; dan warga sekitar.

Setelah upacara, Ketua PMI, Mevyta, memotong tumpeng sebagai simbol perayaan, yang kemudian dinikmati bersama para pengurus PMI, pejabat kelurahan, dan masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis 50 bibit tanaman produktif, terdiri dari pohon alpukat dan manggis, serta penanaman simbolis di beberapa titik yang telah disiapkan oleh warga setempat.

Kepala Markas PMI Kota Sawahlunto, Kukuh Sunarno, menyampaikan bahwa penyerahan bibit tanaman ini merupakan permintaan dari warga Kelurahan Air Dingin, dan baru bisa direalisasikan pada perayaan HUT PMI kali ini.

Tahun sebelumnya, peringatan HUT PMI ke-78 dilaksanakan di Kecamatan Barangin, sementara pada tahun ini, acara dipusatkan di Kelurahan Air Dingin berkat kesediaan pihak Kecamatan Lembah Segar.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama antara warga Kelurahan Air Dingin, Ketua PMI Kota Sawahlunto, para pengurus PMI, serta siswa-siswi SMAN 1 Sawahlunto yang tergabung dalam PMR.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait