Hadiri Rangkaian Acara Rang Solok Baralek Gadang, Wawako Ikuti Permainan Tradisional Anak Nagari

Hadiri Rangkaian Acara Rang Solok Baralek Gadang, Wawako Ikuti Permainan Tradisional Anak Nagari

TOPSUMBAR – Dalam rangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang, Wakil Wali Kota (wawako) Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, turut serta dalam rangkaian prosesi turun ke sawah bersama sasaran silek tuo Sinpia dan berpartisipasi dalam permainan tradisional anak nagari, seperti Batuang Gilo dan urang-urang sawah, pada Jumat, 20 September 2024.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Ketua LKAAM Kota Solok, H. Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang, Ketua DPRD Kota Solok, Fauzi Rusli, serta Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Sitta Novembra, dan Camat Lubuk Sikarah, Milda Murniati, beserta lurah se-Kota Solok.

Kegiatan dimulai dengan arak-arakan dari sasaran silek tuo Sinpia menuju hamparan sawah Solok, lokasi diadakannya Festival Rang Solok Baralek Gadang.

Bacaan Lainnya

Ketua LKAAM Kota Solok, H. Rusli, dalam sambutannya menekankan pentingnya melestarikan tradisi ini.

“Kegiatan anak nagari seperti ini perlu kita dukung sepenuhnya. Kita harus memastikan bahwa tradisi permainan yang telah ada tidak hilang ditelan zaman,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota juga mengapresiasi inisiatif masyarakat Kelurahan Sinapa Piliang, khususnya sasaran silek Sinpia, yang telah menyelenggarakan acara ini. Ia berharap festival ini bisa menjadi ajang yang dikenal oleh masyarakat luas.

“Festival Rang Solok Baralek Gadang adalah event nasional yang menampilkan Silek Basilumuh, Batuang Gilo, dan berbagai atraksi lainnya di hamparan sawah Solok. Kami berharap acara ini mampu menarik wisatawan, tidak hanya dari Sumatera Barat, tetapi juga dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara,” harapnya.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait