Gedung Perpustakaan Kota Payakumbuh Segera Dibuka Kembali Setelah di Renovasi

Gedung Perpustakaan Kota Payakumbuh Segera Dibuka Kembali Setelah di Renovasi

TOPSUMBAR – Gedung Layanan Perpustakaan Kota Payakumbuh akan segera kembali dibuka untuk masyarakat setelah proses renovasi yang didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia rampung.

Renovasi ini bertujuan untuk meningkatkan fasilitas dan kenyamanan bagi pengunjung.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, menyatakan bahwa renovasi ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik dan mendorong minat baca masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Dengan renovasi ini, diharapkan literasi masyarakat kita meningkat dan mereka bisa lebih nyaman serta sering berkunjung ke perpustakaan,” ujar Suprayitno saat memantau progres renovasi gedung layanan perpustakaan.

Suprayitno menambahkan, bahwa peningkatan literasi merupakan bagian dari upaya pengembangan sumber daya manusia di Kota Payakumbuh.

Saat ini, renovasi gedung telah selesai, namun tahap selanjutnya seperti penataan buku dan persiapan lainnya masih dalam proses, sehingga perpustakaan belum bisa dimanfaatkan sepenuhnya.

“InsyaAllah dalam beberapa waktu ke depan, seluruh proses akan selesai, dan masyarakat bisa menikmati fasilitas ini. Harapannya, kunjungan ke perpustakaan akan meningkat secara signifikan, tidak hanya dari kalangan pelajar, tetapi juga dari seluruh lapisan usia,” jelasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh, Prima Yanuarita, menjelaskan bahwa Perpustakaan Kota Payakumbuh yang terletak di bekas Kantor Balai Kota Payakumbuh, Bukik Sibaluik, memiliki koleksi buku sebanyak 26 ribu eksemplar.

“Selain koleksi fisik, juga tersedia e-Book. Kami berharap gedung yang baru selesai direnovasi ini dapat segera diresmikan dan digunakan oleh masyarakat,” ujarnya didampingi Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Joni.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait