DPRD Kota Padang Gelar Rapat Paripurna Pengumuman Calon Pimpinan Definitif Periode 2024-2029

DPRD Kota Padang Gelar Rapat Paripurna Pengumuman Calon Pimpinan Definitif Periode 2024-2029

TOPSUMBAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar 2 agenda rapat paripurna di ruang sidang utama DPRD Kota Padang, Jalan Bagindo Aziz Chan, Sungai Sapih.

Rapat tersebut digelar pada Jumat, 6 September 2024 dengan agenda pertama yakni, pengumuman calon pimpinan definitif DPRD Kota Padang Periode 2024-2029.

Kemudian agenda kedua yakni, pengesahan rancangan peraturan DPRD Kota Padang mengenai Tata Tertib DPRD Kota Padang.

Ketua Sementara DPRD Kota Padang, Muharlion bertindak sebagai pemimpin rapat paripurna dengan didampingi oleh Wakil Ketua Sementara, Mastilizal Aye dan Sekretaris Dewan (Sekwan) Hendrizal Azhar.

Pada kesempatan tersebut, Sekwan Hendrizal Azhar menyampaikan pengumuman calon pimpinan definitif DPRD Kota Padang.

Pengumuman ini disampaikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan oleh masing-masing partai yang berhak memilih perwakilan pimpinan DPRD Kota Padang pada Pemilu 2024 lalu.

“Hadirin sekalian, berikut disampaikan pengumuman tentang pimpinan definitif di DPRD Kota Padang. Pertama, Ketua Definitif DPRD Kota Padang dijabat oleh Muharlion dari PKS. Keputusan ini berdasarkan usulan dari DPD PKS dengan surat Nomor:103/K/AC.11-PKS/1446 pada tanggal 3 September 2024,” ucap Hendrizal Azhar.

Sementara itu, posisi Wakil Ketua Definitif DPRD Kota Padang dijabat oleh Mastilizal Aye dari Partai Gerindra dan Osman Ayub dari Partai Nasdem dan Jupri dari PAN.

“Keputusan ini didasarkan pada surat dari DPC Gerindra Nomor:067/DPC-Gerindra/PDG/IX-2024 pada tanggal 5 September 2024. Kemudian, surat usulan dari DPP Nasdem Nomor:3.10-SK/SKD/DPP-Nasdem/VIII/2024. Lalu, SK dari DPP PAN Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/748/VIII/2024,” tambahnya.

Muharlion, Ketua Sementara yang sekarang resmi menjabat sebagai Ketua Definitif DPRD Kota Padang menyampaikan rasa syukurnya atas terisinya kursi pimpinan definitif.

Ia berharap keputusan ini dapat mempercepat kerja legislatif, sehingga berbagai kebijakan dapat segera terealisasi.

“Usulan ini terlaksana atas instruksi dari Gubernur Sumatera Barat yang menginstruksikan agar dapat menetapkan pimpinan definitif di DPRD Kota Padang. Alhamdulillah, hari dapat terlaksana dan selanjutnya akan kita serahkan SK dari masing-masing partai untuk diserahkan kepada Gubernur,” ujar Muharlion.

“Kami berharap SK persetujuan dari gubernur dapat keluar bulan ini. Setelah itu, pelantikan pimpinan definitif DPRD Kota Padang untuk periode 2024-2029 akan segera dilaksanakan,” tambahnya.

Selain pengumuman calon pimpinan definitif, rapat paripurna kali ini juga membahas draf Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Tata Tertib DPRD Kota Padang.

Menurut Muharlion, agenda ini sangat penting karena menjadi langkah awal dalam pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang akan mendukung kinerja DPRD selama masa jabatan ini.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Yosefriawan, memberikan apresiasi atas pengumuman tersebut.

Ia menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Padang menyambut baik keputusan ini dan berharap proses pengesahan serta pelantikan pimpinan DPRD dapat berjalan lancar.

“Kami mengucapkan selamat kepada DPRD Kota Padang atas pengumuman calon pimpinan definitif. Semoga semua proses berjalan dengan baik hingga pelantikan,” ungkap Yosefriawan.

Lebih lanjut, Pj Sekda berharap agar unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Padang dapat menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab dan fungsi yang diemban.

Yosefriawan juga menegaskan komitmen Pemerintah Kota Padang untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan DPRD demi kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat.

“Pemko Padang siap bekerja sama dengan DPRD Kota Padang dalam memajukan kota dan meningkatkan kesejahteraan warga,” tutupnya.

Turut hadir, Pj Wali Kota Padang yang diwakili Pj Sekda, Yosefriawan, Sejumlah Kepala OPD, Unsur Forkopimda, serta tamu undangan lainnya.

(ADV)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait