Dorong Semangat Generasi Qurani, Bupati Pasaman Barat Resmikan Rumah Tahfidz Pertama

Dorong Semangat Generasi Qurani, Bupati Pasaman Barat Resmikan Rumah Tahfidz Pertama

TOPSUMBAR – Guna mendorong semangat belajar, membaca serta menghafal Al-Quran, Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi S.Ag meresmikan Rumah Tahfidz di Batang Umpai, Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Selasa (10/9/2024).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat, Dr Adrianto mengatakan, didirikannya Rumah Tahfidz ini untuk mewujudkan anak-anak generasi penerus bangsa menjadi generasi yang Qurani dengan cara menumbuhkan kecintaannya terhadap Al-Quran.

“Rumah Tahfidz Pasaman Barat untuk tahap awal sudah 40 orang. Secara umumnya seluruh masyarakat diterima disini sesuai kemampuan,” paparnya.

Bacaan Lainnya

Disebutkannya juga, Rumah Tahfidz Pasaman Barat ini satu-satunya di Sumatera Barat, yang dibangun oleh Pemerintah.

“Ini suatu kebanggaan bagi kita, karena Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat sudah memiliki Rumah Tahfidz yang dikelola oleh Dinas Pendidikan Pasaman Barat,” sebutnya.

Rumah Tahfidz Pasaman Barat dengan tema “Bersama kita cetak generasi hafizh/hafizhah sebagai penghafal Al-Quran yang handal dimasa depan”

Selanjutnya, Bupati Pasbar, Hamsuardi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, dengan berdirinya Rumah Tahfidz ini, semoga bisa mendorong anak-anak meningkatkan kemampuan dalam membaca Alqur’an serta menghafal Alqur’an.

“Rumah Tahfidz ini tentunya dapat mendukung visi misi Bupati Pasaman Barat berupa mewujudkan Pasaman Barat yang Bermartabat, Agamais, Maju dan Sejahtera serta membangun sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, berbudaya, dan berdaya saing,” sebutnya.

Dikutif dari hadits HR Bukhari 4937 bersabda Orang yang membaca dan menghafal Alqur’an, dia bersama para malaikat yang mulia.

Sementara orang yang membaca Al-Quran, ia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya, maka dia mendapat dua pahala.

“Al-Quran merupakan firman Allah SWT yang perlu kita jaga, perlu kita simpan di hati serta perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, kami sangat berterima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat yang telah mendirikan Rumah Tahfidz Pasaman Barat ini,” ungkap Hamsuardi

Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten akan mengusahakan pendirian rumah tahfidz di setiap Kecamatan agar anak-anak yang ingin menghafal Al-Quran dapat lebih dekat dengan rumah tersebut.

“Kita akan berusaha, agar Rumah Tahfidz bisa berdiri disetiap kecamatan se Pasaman Barat. Kalau bisa lagi sampai ke tingkat Nagari,” tandasnya.

Persemian ini, selain Bupati dan Kadis pendidikan Pasaman Barat, juga dihadiri Wakil Bupati H. Risnawanto, Sekda Pasbar Hendra Putra, OPD, beberapa kepala sekolah serta masyarakat setempat.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait