Disdikpora Kota Pariaman Sosialisasikan Program Percepatan Digitalisasi Pendidikan

Disdikpora Kota Pariaman Sosialisasikan Program Percepatan Digitalisasi Pendidikan

TOPSUMBAR – Dalam upaya mempercepat digitalisasi pendidikan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman mengadakan sosialisasi terkait program percepatan “Go Digital” bagi sekolah-sekolah di wilayah tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 19 Kampung Baru, Pariaman, pada Kamis, 5 September 2024.

Kepala Disdikpora Kota Pariaman, Kanderi, menjelaskan kepada media bahwa program ini bertujuan untuk mendukung percepatan digitalisasi dalam bidang pendidikan.

Dengan digitalisasi, diharapkan manajemen sekolah dapat lebih efisien dan berdampak pada peningkatan kompetensi siswa.

“Kami menghadirkan 62 peserta dari 31 sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Pariaman. Sosialisasi ini bertujuan untuk membuka wawasan kepala sekolah dan guru tentang pentingnya mengikuti perkembangan teknologi yang berbasis digital. Teknologi kini harus diadopsi agar kita dapat sejajar dengan sekolah-sekolah lain. Banyak inovasi teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pengelolaan satuan pendidikan,” ujar Kanderi.

Kanderi juga menekankan bahwa kurikulum merdeka sangat selaras dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Guru didorong untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik dan relevan dengan perkembangan zaman.

Ia menambahkan, pemanfaatan teknologi dapat membuat proses belajar mengajar lebih menarik dan efektif bagi generasi muda, yang lebih akrab dengan teknologi dibanding generasi sebelumnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kota Pariaman, Eka Putra Pernanda, juga menekankan pentingnya digitalisasi pendidikan untuk mendorong agar Kota Pariaman dapat bersaing dengan kabupaten dan kota lainnya di Indonesia.

“Berbagai aplikasi digital dapat kita gunakan untuk mempercepat pencapaian kompetensi siswa. Dengan digitalisasi, kita bisa melaksanakan ujian online, mengelola perpustakaan digital, dan memberikan laporan perkembangan siswa secara real-time kepada orang tua. Orang tua pun dapat memantau perkembangan anak mereka kapan saja,” ujar Eka.

Ia juga menyampaikan bahwa ke depan, layanan digital akan digunakan untuk absensi siswa dan penyusunan rapor digital.

Dengan penyimpanan data secara digital, dokumen pendidikan siswa akan lebih aman, tidak mudah rusak, dan dapat diakses dengan mudah di masa depan, mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK.

Program ini diharapkan akan membawa perubahan positif dalam pengelolaan pendidikan di Kota Pariaman serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh melalui pemanfaatan teknologi digital.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait