Dinas PUPR Pasaman Barat Kucurkan Dana Rp 6,4 Miliar untuk Peningkatan Jalan Hotmix Simaninggir dan Paraman

Dinas PUPR Pasaman Barat Kucurkan Dana Rp 6,4 Miliar untuk Peningkatan Jalan Hotmix Simaninggir dan Paraman

TOPSUMBAR – Dinas PUPR Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kucurkan anggaran sebesar Rp 6.470.591.050 di tahun 2024 untuk peningkatan jalan Simaninggir – Pangambiran dan Paraman Sawah – Kampung Pinang.

Peningkatan jalan hotmix itu dilaksanakan oleh kontraktor PT Anugerah Karya Bersama Persada (AKBP) dan sudah tahap akhir penyelesaian. Yang mana, pekerjaan aspal sudah selesai sementara untuk bahu jalan berada di tahap penyelesaian.

Kepada media ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat Elifsan, melalui Kabid Bina Marga Bambang Sumarsono, Kamis (5/9/2024) berharap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar sampai selesai.

Bacaan Lainnya

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar hingga salsai. Terlebih, kita semua tahu kalau sekarang ini sedang berada di musim hujan yang terus mengguyur wilayah Pasaman Barat bagian utara,” ujarnya.

Pengaspalan dan perbaikan jalan merupakan salah satu prioritas utama Dinas PUPR Kabupaten Pasaman Barat. Tahun ini, Dinas PUPR terus berupaya memperbaiki kerusakan jalan di wilayahnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Pasaman Barat terdapat beberapa kegiatan, salah satunya adalah peningkatan jalan Pangambiran – Simaninggir yang panjangnya mencapai 1.800 Meter dan Paraman Sawah – Kampung Pinang yang panjangnya lebih kurang 300 Meter.

“Kedua ruas jalan itu tergabung dalam satu paket yaitu paket 1 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024,” jelas Bambang.

Bambang berharap, agar masyarakat sekitar khususnya masyarakat Pangambiran, Aek Garingging dan Simaninggir Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Koto Balingka untuk turut serta dan berpartisipasi menjaga jalan Hotmix tersebut agar awet.

Ia juga meminta kepada masyarakat Paraman Sawah dan Sawah Mudik agar tetap menjaga jalan yang baru dibangun tersebut.

Dengan komitmen yang kuat, pihaknya terus berupaya agar peningkatan jalan ruas Paraman sawah menuju Sawah Mudik dapat dianggarkan untuk tahun 2025.

“Untuk ruas Pangambiran – Simaninggir aspalnya sudah tersambung. Tinggal Paraman Sawah – Sawah mudik yang belum, tentu ini akan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat kedepannya,” sebutnya lagi.

Dengan adanya peningkatan jalan Hotmix oleh Pemkab Pasbar melalui Dinas PUPR ini, masyarakat menanggapinya dengan gembira dan senang. Apalagi, jalan yang selama ini berlumpur sekarang sudah aspal.

Menanggapi hal tersebut, Pj Wali Nagari Pematang Panjang Herman, mengatakan bahwa dengan teraspalnya jalan utama nagari ini, maka lancar pula hubungan antar kejorongan.

“Hubungan masyarakat baik itu Tombang Padang, Aek Nabirong, Simaninggir, Aek Garingging dan Pangambiran semakin dekat. Sekarang tinggal Jorong Rurapatontang yang akses jalannya baru akan dikerjakan melalui program bakti karya oleh TNI,” jelas Herman.

“Kami atas nama Nagari Pematang Panjang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi atas perhatiannya kepada kenagarian kami ini. Kita akan ikut serta menjaga agar jalan itu tahan,” tandasnya.

(ADV)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait