Bupati Lima Puluh Kota Buka Perayaan Khatam Al-Quran di Talaweh, Ajak Generasi Muda Jadi Pemimpin Religius

Bupati Lima Puluh Kota Buka Perayaan Khatam Al-Quran di Talaweh, Ajak Generasi Muda Jadi Pemimpin Religius

TOPSUMBAR – Halaman Masjid Istiqomah di Talaweh, Nagari Labuah Gunuang, penuh sesak oleh masyarakat setempat pada Minggu (08/09/2024) yang antusias menghadiri perayaan Khatam Al-Qur’an yang diikuti oleh santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Mudayat.

Perayaan ini dibuka langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Dalam sambutannya, Safaruddin mengungkapkan harapannya agar acara khatam Al-Quran ini dapat melahirkan generasi muda yang Qur’ani dan mampu menjadi filter moral bagi anak-anak dalam menghadapi tantangan di era digital dan bonus demografi.

“Kami berharap semangat ini terus ditanamkan untuk menciptakan calon-calon pemimpin yang religius di masa depan. Kami juga mengajak Pemerintah Nagari dan Niniak Mamak untuk mendukung setiap inovasi yang dihasilkan dari ide-ide kreatif anak-anak dan keponakan mereka. Pemerintah daerah berkomitmen untuk mendukung penuh program nagari dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujar Safaruddin.

Ia juga berharap agar kegiatan Khatam Al-Quran dapat memotivasi anak-anak untuk lebih giat mengaji dan menginspirasi mereka untuk menjadi penghafal Al-Quran yang mumpuni, menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup mereka.

Dalam kesempatan tersebut, Safaruddin menegaskan bahwa pemerintah daerah memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan keagamaan.

Salah satu kebijakan yang akan diterapkan adalah mewajibkan setiap siswa SD dan SMP di Lima Puluh Kota untuk hafal minimal Juz 30 pada akhir tahun 2024.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan bahwa Pemkab telah menganggarkan honor bagi guru MDTA dan Garim Masjid, serta membayarkan premi BPJS Ketenagakerjaan mereka, dengan pembiayaan sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sementara itu, Wali Nagari Labuah Gunuang, Khairul Hadi, mengapresiasi perhatian Bupati, Safaruddin terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan yang didukung penuh oleh program Pemkab Lima Puluh Kota.

Khairul Hadi melaporkan beberapa program yang telah dijalankan oleh Pemerintah Nagari, termasuk pendirian Rumah Tahfidz di Jorong Kayu Tanam dengan 150 siswa, dan di Jorong Lareh Nan Panjang dengan 75 siswa.

“Selain itu, kami juga telah menyalurkan kartu BPJS gratis bagi masyarakat kurang mampu dan memberikan honor kepada garim masjid serta guru-guru ngaji se-Nagari Labuah Gunuang,” ungkap Khairul Hadi.

Khairul Hadi berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah daerah dalam upaya peningkatan sumber daya manusia, khususnya dalam mewujudkan sumber daya manusia yang madani dan berdaya saing tinggi.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait