BPBD Evakuasi Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang dan Hujan Deras di Kota Pariaman

BPBD Evakuasi Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang dan Hujan Deras di Kota Pariaman

TOPSUMBAR – Cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Pariaman pada Selasa, 17 September 2024 menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menutup beberapa ruas jalan di berbagai titik.

Berdasarkan laporan dari warga yang terdampak dalam kejadian ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman langsung terjun ke lokasi.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pariaman, Azman, menyebutkan bahwa beberapa lokasi terdampak berdasarkan laporan warga dan pengendara di antaranya Kelurahan Kp. Jawa II, rumah yang tertimpa pohon di Kelurahan Lohong, kawasan Pantai Kata, Kelurahan Ujung Batung, Desa Marabau, serta jalan lingkar di sebelah Lapangan Tenis Kp. Baru.

Bacaan Lainnya

Selain itu, pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di depan beberapa kantor pemerintahan.

“Kami telah menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Pariaman untuk segera melakukan pembersihan dan membantu warga yang terdampak pohon tumbang ini,” ujar Azman.

Ia menambahkan, hingga saat ini tim masih bekerja di lapangan untuk membuka kembali akses jalan yang tertutup oleh reruntuhan pohon.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah selama cuaca buruk berlangsung.

“Saya mengimbau warga Kota Pariaman untuk berhati-hati dan menjauhi lokasi yang berisiko bahaya, seperti di sekitar pohon besar atau tempat yang rawan terkena dampak angin kencang dan hujan lebat,” tegasnya.

Cuaca ekstrem yang melanda wilayah ini masih berpotensi berlanjut, sehingga kewaspadaan dan kehati-hatian warga sangat diharapkan untuk menghindari potensi kecelakaan lebih lanjut.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait