Wawako Solok Sambut Tim Penilai Anugerah Masjid Percontohan Provinsi di Masjid Agung Al Muhsinin

Wawako Solok Sambut Tim Penilai Anugerah Masjid Percontohan Provinsi di Masjid Agung Al Muhsinin

TOPSUMBAR – Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Ramadhani Kirana Putra, menyambut kedatangan Tim Penilai Anugerah Masjid Percontohan Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Ampera) di Masjid Agung Al Muhsinin, pada Rabu (14/8/2024).

Acara ini merupakan bagian dari penilaian untuk menentukan masjid terbaik yang akan mewakili provinsi di tingkat nasional.

Dalam sambutannya, Ramadhani Kirana Putra, yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Al Muhsinin, mengucapkan terima kasih kepada tim penilai atas kunjungannya.

Bacaan Lainnya

Ia berharap, lomba Anugerah Masjid Percontohan ini dapat mendorong pengelolaan masjid yang lebih profesional dan memotivasi masyarakat untuk lebih aktif dalam kegiatan keagamaan.

“Melalui lomba ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas pengelolaan masjid serta memotivasi masyarakat untuk lebih aktif dalam kegiatan keagamaan di lingkungan sekitar,” ujar Ramadhani.

Ramadhani juga memaparkan berbagai inovasi yang telah diluncurkan di Masjid Agung Al Muhsinin, antara lain program ATM Beras, Rumah Baca Digital, Pondok Qur’an, dan kegiatan Itikaf yang rutin dilaksanakan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Ia berharap penilaian ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas layanan masjid serta mengadopsi nilai-nilai positif ke masjid-masjid lain.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, Mustafa, turut menambahkan bahwa penilaian ini diharapkan dapat memberikan dorongan kepada semua masjid di Kota Solok untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pengelolaan serta pelayanan kepada jamaah.

“Kami percaya bahwa masjid yang berkualitas akan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan spiritual dan sosial masyarakat,” kata Mustafa.

Tim Penilai, yang dipimpin oleh Plh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Edison, dan juga sebagai Kabid Urais, mengungkapkan bahwa Anugerah Masjid Percontohan atau Ampera adalah program pertama yang dilakukan untuk menciptakan rumah ibadah yang nyaman bagi jamaah.

Edison menjelaskan bahwa Masjid Agung Al Muhsinin termasuk dalam tiga nominasi terbaik, dan peninjauan ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian data dan profil yang telah dikirimkan.

“Masjid Agung Al Muhsinin masuk dalam tiga nominasi terbaik, dan peninjauan lapangan ini bertujuan untuk sinkronisasi data yang telah dikirim. Juara pertama dari setiap kategori akan dikirimkan ke tingkat nasional,” jelas Edison.

Ia juga menambahkan bahwa Ampera akan mendorong upaya saling belajar dan bersaing secara positif di antara masjid-masjid, serta mendorong pembinaan kemasjidan secara berkelanjutan.

(GRA)

Pos terkait