Update Kasus Penemuan Mayat di Bawah Jembatan Kuranji: Ekshumasi Afif Maulana Dilakukan Besok

Update Kasus Penemuan Mayat di Bawah Jembatan Kuranji Ekshumasi Afif Maulana Dilakukan Besok

TOPSUMBAR – Perhimpunan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia (PDFMI) dijadwalkan melakukan ekshumasi (pembongkaran makam) terhadap jasad Afif Maulana (13) pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan dalam konferensi pers di Mapolresta Padang pada Rabu, 7 Agustus 2024.

“Surat permohonan ekshumasi dari keluarga Afif kami terima pada 29 Juli 2024. Setelah melakukan pengkajian, pada 3 Agustus 2024 kami mengirimkan surat permohonan ekshumasi ke PDFMI dalam bentuk PDF, dan surat aslinya dikirimkan ke Sekretariat PDFMI di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta pada 5 Agustus 2024,” jelas Kombes Dwi Sulistyawan.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, PDFMI telah memberikan respons positif terhadap permohonan tersebut dan merencanakan ekshumasi pada Kamis, 8 Agustus 2024, dimulai pukul 07.00 WIB.

“Proses ekshumasi akan melibatkan sejumlah dokter ahli forensik dan medikolegal, di antaranya dr. Ade Firmansyah Sugiharto dari RSCM sebagai Ketua, dr. Baiti Adayati dari PB PDFMI, dr. Rika Susanti dari PDFMI Sumbar, dr. Sigit Kirana Lintang Bima dari Undip, dan dr. Adriansyah Lubis dari USU,” tambahnya.

Sebagai pendamping, akan hadir Brigjen Pol dr. Sumihestri dan Brigjen Pol (Purn) dr. Pramujoko dari Pusdokkes Polri.

Tim ekshumasi dijadwalkan berangkat ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Afif Maulana pukul 07.00 WIB.
Proses penggalian kubur akan dilakukan dari pukul 08.00 hingga 09.00 WIB, dan jasad Afif Maulana akan dibawa ke Instalasi Forensik RSUP dr M Djamil Padang untuk autopsi mulai pukul 10.00 WIB.

“Setelah autopsi selesai, PDFMI akan mengadakan jumpa pers untuk mengumumkan hasil autopsi. Proses ekshumasi ini diharapkan dapat memberikan kejelasan lebih lanjut mengenai kasus penemuan mayat di bawah jembatan Kuranji,” ujar Kabid Humas.

Ia juga berharap agar semua pihak independen dan pemerintah dapat mengikuti proses ekshumasi tersebut untuk memastikan transparansi dan akurasi dalam penyelidikan kasus ini.

(Riko)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait