Upacara HUT RI ke-79 di Payakumbuh Berlangsung Khidmat dan Semarak

Upacara HUT RI ke-79 di Payakumbuh Berlangsung Khidmat dan Semarak

TOPSUMBAR – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 di halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh pada Sabtu pagi (17/8/2024) berlangsung dengan penuh khidmat.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Ricky Ricardo, S.I.K, S.H, M.H bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara AKP Firdaus, S.H, M.H, yang merupakan Kasatlantas Polres Payakumbuh, berperan sebagai Komandan Upacara.

Rangkaian upacara tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Forkopimda, OPD, pimpinan instansi vertikal, BUMN, dan BUMD, serta para tokoh agama, cerdik pandai, bundo kanduang, generasi muda, dan masyarakat Payakumbuh lainnya.

Bacaan Lainnya

Prosesi pengibaran bendera dilaksanakan oleh tim pengibar yang terdiri dari Helzy Mayora Pranantalia Lase dari SMAN 1 Payakumbuh sebagai pembawa bendera, Ghiffan Azhizhi dari SMAN 3 Payakumbuh sebagai penggerek bendera, dan Fadlan Urfendi dari SMAN 3 Payakumbuh sebagai pembentang bendera.

Sehari sebelumnya, pada Jumat malam (16/8/2024), telah digelar upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, tepat pukul 24.00 WIB, sebagai bagian dari rangkaian peringatan.

Usai upacara, Sekretaris Daerah Rida Ananda yang mewakili Penjabat Wali Kota Payakumbuh, menyampaikan pesan agar semangat perjuangan terus ditanamkan dalam hati setiap warga Payakumbuh.

Ia menekankan pentingnya meneruskan semangat para pahlawan untuk membangun kesejahteraan bersama.

“Angka 79 bukanlah usia yang muda, kami berharap semangat para pejuang terus mengalir dalam diri setiap warga Payakumbuh,” kata Rida.

Mengacu pada tema HUT RI tahun ini, “Nusantara Baru Indonesia Maju,” Rida berharap agar pemerintah dan masyarakat Payakumbuh dapat bersama-sama menciptakan kemajuan untuk kota ini.

“Kemerdekaan saat ini bukan hanya tentang mengusir penjajah, tetapi juga tentang memerdekakan Payakumbuh dari berbagai permasalahan seperti stunting, kemiskinan, dan inflasi,” tambahnya.

Kemudian, upacara semakin semarak dengan penampilan Polisi Cilik (Pocil) yang berjumlah 31 orang, berasal dari SD 04 Payakumbuh, SD 21 Payakumbuh, dan SD 28 Payakumbuh.

Mereka beraksi di bawah binaan Kamsel Satlantas Polres Payakumbuh.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Rida Ananda juga menyerahkan bantuan sosial bidang pendidikan sebesar Rp 110.000.000 yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Nagari kepada Dinas Pendidikan Payakumbuh.

Selain itu, beberapa penghargaan turut diserahkan. Di antaranya, ASN Award kepada Novit Ardi sebagai Pengawas Terbaik Tingkat Nasional 2023, penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada Reny Eka Putri dan Finto Handayana Putra, serta penghargaan kepada BNN yang berhasil mengungkap kasus narkotika di wilayah Payakumbuh.

Tidak ketinggalan, penghargaan untuk pemenang lomba mural tingkat Kota Payakumbuh dan penghargaan bagi para atlet yang mengharumkan nama kota di ajang nasional dan internasional juga diberikan.

Kegiatan ini ditutup dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang digelar pukul 16.30 WIB, dipimpin oleh Dandim 0306/50 Kota, Letkol Infantri Adri Asmara Yudha, dan Komandan Upacara Letda Infantri Ifnusril.

Acara ditutup dengan malam resepsi yang berlangsung meriah di bawah kanopi komplek Pasar Payakumbuh, dihadiri ribuan warga yang turut merayakan HUT RI ke-79 di kota tersebut.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait