Tumpah Ruah! Pawai Alegoris HUT RI ke-79 di Muarokalaban Berlangsung Meriah, Jalinsum Sempat Macet

Tumpah Ruah! Pawai Alegoris HUT RI ke-79 di Muarokalaban Berlangsung Meriah, Jalinsum Sempat Macet

TOPSUMBAR – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, warga Desa Muarokalaban menggelar pawai alegoris yang berlangsung pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Acara ini diikuti oleh enam dusun yang ada di Desa Muarokalaban, Kecamatan Silungkang.

Kepala Desa Muarokalaban, Yuriswan, menjelaskan bahwa pawai alegoris ini menjadi ajang perlombaan antar dusun, yaitu Dusun Balai-balai, Sawah Talang, Sawah Tambang, Sungai Loban, Tambun Batu, dan Sawah Taratak.

Bacaan Lainnya

Selain itu, pawai ini juga melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, hingga siswa-siswi dari tingkat PAUD, TK, SD, dan SLTP di Kecamatan Silungkang.

“Pawai ini merupakan bagian dari upaya kami untuk membangun kebersamaan antarwarga. Setiap dusun menampilkan kreativitas mereka dalam pawai ini,” ungkap Yuriswan, yang didampingi oleh Camat Silungkang, Andi Eka Putra, Kapolsek Muarokalaban, Elfi Heri, tokoh masyarakat, Sabaruddin.

Pawai alegoris dimulai dari Dusun Sawah Taratak dan berakhir di simpang tiga dekat kantor Mal Pelayanan Publik (MPP), dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer.

Ribuan warga terlihat memadati sepanjang jalan Lintas Sumatera yang melewati Desa Muarokalaban untuk menyaksikan pawai tersebut.

Karena antusiasme warga yang tinggi, pawai ini sempat menyebabkan kemacetan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Petugas polisi dari Polres Sawahlunto bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bekerja keras mengatur lalu lintas untuk memastikan kelancaran perjalanan meskipun sempat tersendat.

Acara pawai dipandu oleh Yosef Bachtiar bersama beberapa pemuda desa yang berkolaborasi dengan tokoh masyarakat setempat.

Pawai alegoris ini berakhir menjelang waktu Salat Ashar, meskipun kawasan tersebut mulai diguyur hujan.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait