Tokoh Masyarakat Lubuk Kilangan Ajukan Pendirian SMA Negeri Baru di Kelurahan Baringin dan Tarantang

Tokoh Masyarakat Lubuk Kilangan Ajukan Pendirian SMA Negeri Baru di Kelurahan Baringin dan Tarantang

TOPSUMBAR – Sejumlah tokoh masyarakat dari Kelurahan Baringin dan Tarantang di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, mendatangi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar pada Senin, 12 Agustus 2024.

Kedatangan mereka bertujuan untuk mengajukan pendirian SMA Negeri di wilayah tersebut.

Tim Panitia Pendirian SMA Negeri, yang didampingi oleh anggota DPRD Kota Padang, Surya Jufli Bitel, bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Barlius, untuk bersilaturahmi sekaligus meminta izin pendirian SMA Negeri di Kelurahan Baringin dan Tarantang.

Bacaan Lainnya

Ketua Tim Pendirian SMA Negeri, Ruslim, menyampaikan bahwa di Kecamatan Lubuk Kilangan terdapat tiga SMP Negeri, dua Madrasah Tsanawiyah (MTS), dan satu SMP Semen Padang, dengan perkiraan kelulusan siswa sekitar 1.000 orang setiap tahun.

Namun, kurangnya SMA/SMK Negeri di wilayah tersebut membuat siswa kesulitan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA Negeri karena terkendala oleh sistem zonasi dan jumlah siswa yang terlalu banyak.

“Saat ini, kami hanya memiliki satu SMA Negeri, yaitu SMA Negeri 14 di Batu Gadang, serta SMA/SMK Semen Padang. Karena itu, sangat dibutuhkan penambahan sekolah baru di daerah kami,” ujar Ruslim.

Kehadiran SMA Negeri di antara dua kelurahan ini, menurutnya, sangat penting untuk memberikan akses pendidikan yang lebih mudah bagi siswa yang lulus SMP.

Sementara itu, Surya Jufli Bitel, anggota DPRD Kota Padang yang turut serta dalam pertemuan tersebut, menambahkan bahwa Kecamatan Lubuk Kilangan merupakan wilayah yang cukup luas dengan banyaknya siswa lulusan SMP yang kesulitan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA Negeri.

“Kami sangat prihatin melihat banyak anak-anak yang tidak dapat melanjutkan sekolah ke SMA Negeri karena sistem zonasi yang diterapkan Kementerian Pendidikan. Apalagi di Kecamatan Lubuk Kilangan hanya ada satu SMA Negeri, dan itu pun lokasinya sangat jauh dari Kelurahan Baringin dan Tarantang,” ujar Bitel.

Bitel berharap Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar serta Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Sumbar, dapat memberikan restu dan dukungan untuk pendirian SMA Negeri di kedua kelurahan tersebut.

Turut hadir dalam pertemuan ini Dodi P. Tanjung dari Lembaga Hukum, Rusdianto Azwir dari Forum Nagari Tarantang, dan Mulyadi dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

(Riko)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait