Tim PDFMI Lakukan Pengecekan di TKP Penemuan Jenazah Afif Maulana

Tim PDFMI Lakukan Pengecekan di TKP Penemuan Jenazah Afif Maulana (Foto: Humas Polda Sumbar)

TOPSUMBAR – Tim dari Perhimpunan Dokter Forensik Medikolegal Indonesia (PDFMI) melaksanakan pengecekan di lokasi penemuan jenazah Afif Maulana pada hari ini, Jumat 9 Agustus 2024.

Tim forensik, yang dipimpin oleh Ade Firmansyah Sugiharto, tiba di Jembatan Kuranji sekitar pukul 08.30 WIB, dengan didampingi oleh beberapa lembaga terkait.

Pengecekan di tempat kejadian perkara (TKP) ini dilakukan untuk memperkuat hasil temuan autopsi ulang jenazah Afif Maulana, yang sebelumnya dilakukan di RSUP M Djamil Padang pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Bacaan Lainnya

Di lokasi, tampak hadir Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono serta Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto.
Selain itu, perwakilan dari KPAI, LPSK, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPA) juga turut mendampingi tim PDFMI di TKP.

Selain itu, tim hukum keluarga Afif Maulana dari LBH Padang juga berada di lokasi untuk mendampingi jalannya olah TKP.

Dalam wawancara singkat, Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto menyatakan bahwa kehadiran Kompolnas di lokasi bertujuan untuk memastikan proses olah TKP berjalan dengan baik dan lancar.

Benny juga menegaskan bahwa hasil investigasi sepenuhnya diserahkan kepada tim forensik untuk analisis lebih lanjut.

“Kami serahkan hasilnya kepada ahli forensik. Mereka yang memiliki kompetensi untuk menganalisis informasi di lapangan dan mengaitkannya dengan hasil autopsi ulang,” ungkap Benny.

Sebelumnya, Ade Firmansyah Sugiharto, ketua tim forensik yang memimpin autopsi ulang jenazah Afif Maulana, menjelaskan bahwa pemeriksaan di lokasi kejadian diperlukan untuk memahami kondisi fisik di TKP.

Tim forensik melakukan pengukuran dan analisis untuk mendapatkan gambaran yang akurat mengenai mekanisme yang mungkin menyebabkan luka pada tubuh jenazah.

“Kami perlu melakukan analisis mendalam mengenai efek atau geomekanika yang terjadi pada tubuh korban, sehingga kami dapat melakukan analisis yang tepat,” ujar Ade Firmansyah dalam konferensi pers di RSUP M Djamil Padang pada Kamis, 8 Agustus 2024.

(Riko)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait