Siswa dan Guru se-Kota Pariaman Antusias Ikuti Nonton Bareng Literasi Digital

Siswa dan Guru se-Kota Pariaman Antusias Ikuti Nonton Bareng Literasi Digital

TOPSUMBAR – Siswa dari SD dan SMP, baik negeri maupun swasta, serta seluruh guru di Kota Pariaman menunjukkan antusiasme yang luar biasa dalam mengikuti kegiatan nonton bareng literasi digital.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Pariaman pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan siswa dan guru, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan digital yang diperlukan untuk menjadi pribadi yang unggul di era teknologi.

Bacaan Lainnya

Dalam acara ini, hadir sebagai pembicara Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi.

Selain itu, materi juga disampaikan oleh Septa Dinata, Dosen dari Universitas Paramedia, serta Femikhirana Widjaja, seorang Digital Marketing Specialist dari Compas Publishing.

Kanderi, dalam presentasinya, menekankan pentingnya menjaga etika saat berinteraksi di dunia digital.

“Penggunaan media digital seharusnya tidak berbeda dengan interaksi di dunia nyata. Oleh karena itu, menjaga etika dan sopan santun sangat penting agar kita tetap menjadi manusia yang bermoral,” ujarnya.

Kanderi juga menyoroti beberapa etika yang harus diikuti dalam beraktivitas di media digital, seperti tidak melakukan cyberbullying, tidak membagikan data pribadi tanpa izin, tidak memata-matai orang lain, serta tidak menyebarkan atau membalas konten vulgar dan kekerasan.

Selain itu, ia mengingatkan para siswa tentang berbagai jenis konten negatif yang sering muncul di dunia maya, seperti postingan yang melanggar norma kesusilaan, perjudian, penghinaan, pemerasan, berita hoaks, dan ujaran kebencian yang mengandung SARA.

“Jangan pernah ikut-ikutan dalam menyebarkan atau memproduksi konten negatif seperti itu,” tegasnya.

“Internet adalah anugerah, dan ilmu pengetahuan perlu kita hormati. Namun, jika tidak digunakan dengan baik dan benar, internet juga bisa menjadi bencana. Oleh karena itu, menjaga etika dalam bermedia digital adalah kewajiban kita semua sebagai manusia,” tutup Kanderi.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait