Santri MTs Pondok Pesantren Al-Irsyad Wakili Agam dalam Ajang KSM Tingkat Sumbar

TOPSUMBAR – Empat orang santri MTs Pondok Pesantren Al-Irsyad, Bulaan Kamba, Bukittinggi mewakili Kabupaten Agam dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Prestasi para santri tersebut suatu kebanggan dapat ikut serta kompetisi tingkat provinsi.

Keempat santri MTs Pondok Pesantren Al-Irsyad yang mewakili Kabupaten Agam adalah  Maylani Azzahra Qoyyum untuk lomba KSM cabang Matematika individu, Rifki Abdillah Al-Aziz, Wais Al-Qarny dan Bilal Ahmad untuk lomba KSM beregu bidang studi IPA, IPS dan Matematika.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Irsyad, Beti Erniza, Jumat (2/8/2024) mengatakan, dengan prestasi para santri MTs Al-Irsyad mewakili Kabupaten Agam untuk ajang KSM tingkat Sumbar merupakan suatu kebanggaan.

“Alhamdulillah para santri MTs Al-Irsyad telah membuktikan prestasi mereka dalam ajang KSM tingkat Kabupaten Agam, sehingga mereka mewakili untuk ajang KSM Tingkat Provinsi Sumatera Barat,” ujarnya.

Dijelaskan Beti Erniza, capaian prestasi dalam ajang KSM Tingkat Kabupaten Agam terbilang ketat dan kompetitif mengingat begitu banyak sekolah yang ikut dalam ajang tingkat kabupaten tersebut.

“Meski persaingan dalam ajang KSM Kabupaten Agam begitu ketat lantaran banyaknya sekolah yang ikut dalam KSM, alhamdulillah santri MTs Al-Irsyad berhasil mewakili Kabupaten Agam untuk ke tingkat Provinsi Sumatera Barat,” katanya.

Menurut Beti Erniza, cabang perlombaan yang diraih santri MTs Al-Irsyad yakni cabang matematika dan cabang beregu IPA, IPS dan Matematika dapat dikatakan cabang yang tingkat persaingan pada saat lomba di KSM Kabupaten Agam ketat dan sengit. Namun, berkat kemampuan serta sebelumnya dilakukan berbagai persiapan dapat prestasi mewakili Kabuoaten Agam.

“Harapan kami dengan mewakili Kabupaten Agam ke ajang KSM tingkat Provinsi Sumatera Barat, para santri kami bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi,” kata Beti Erniza.

Prestasi Pesantren

Ketua Umum Yayasan Al-Irsyad, Prof.Dr. Ismail Novel, M.Ag menyatakan rasa bersyukur atas prestasi santri MTs Pondok Pesantren Al-Irsyad Bulaan Kamba.

“Mendapatkan informasi bahwa santri MTs Al-Irsyad lanjut ke ajang KSM tingkat Provinsi Sumatera Barat, tentu prestasi terbaik yang diperlihatkan para santri,” ujarnya.

Dijelaskan Ismal Novel, sebagai lembaga pendidikan pesantren, pihaknya terus berupaya untuk mendorong para santri berprestasi dalam berbagai bidang. Selain itu juga mendorong bagaimana proses belajar mengajar di pesantren terlaksana dengan baik.

“Prestasi yang dihasilkan para santri MTs Al-Irsyad merupakan buah dari proses pendidikan yang selama ini berlangsung dan dilakukan oleh para guru dan MTs Al-Irsyad. Insya Allah hal ini akan terus ditingkatkan,” katanya.

Pondok Pesantren Al-Irsyad saat ini memiliki jenjang pendidikan Tingkat MTs dan Madrasah Aliyah serta Tingkat Taman Kanak Kanak atau Raudhatul Athfal (RA) dengan Lokasi pendidikan di Bulaan Kamba, Kenegarian Kubang-Putih, Kec. Banuhampu, Kabupaten Agam. Pesantren dengan menggunakan sistim pendidikan boarding school atau sekolah berasrama.

Lembaga pendidikkan ini selain dilengkapi gedung sekolah, juga gedung asrama yang representatif bagi para santri dengan lokasi yang nyaman dan sejuk di Tengah gunung Merapi dan Gunung Singgalang.

(AL)

Pos terkait