Sambut HJK Padang ke-355, Melihat Langsung Artefak Nabi Muhammad SAW di Balai Kota

Sambut HJK Padang ke-355, Melihat Langsung Artefak Nabi Muhammad SAW di Balai Kota

TOPSUMBAR – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355, artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW resmi dipamerkan di Ruang Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang, Aie Pacah.

Pameran ini berlangsung dari tanggal 7 Agustus hingga 13 Agustus 2024.

Di hari pertama pameran, para pengunjung dari mulai memadati Ruang Bagindo Aziz Chan, termasuk pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Bacaan Lainnya

Edo, salah satu panitia dari Event Organizer Nikhens Eldi Perkasa, menjelaskan bahwa pengunjung akan dikenakan tarif masuk.

Pelajar dikenakan biaya Rp 10 ribu, guru atau pendamping Rp 25 ribu, dan masyarakat umum Rp 50 ribu.

“Antusiasme dari pelajar sangat tinggi. Kami membuka pameran dari pukul 07.00 pagi hingga 14.00 siang untuk pelajar, dan dari pukul 14.00 hingga 21.00 malam untuk masyarakat umum,” jelas Edo dikutip dari laman diskominfo Padang pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Edo menambahkan bahwa pihaknya menargetkan sekitar dua ribu pengunjung per hari.

Waktu kunjungan untuk pelajar dibatasi hingga 30 menit, sedangkan masyarakat umum dapat menyesuaikan waktu kunjungan mereka. Selain pameran artefak, tersedia juga merchandise seperti tasbih digital dan lainnya.

Uci, seorang guru dari SDN 43 Sungai Sapih, mengungkapkan bahwa siswa-siswanya sangat antusias dan puas karena mendapatkan pengalaman baru yang tidak didapatkan di sekolah.

“Kami bisa menambah wawasan tentang peninggalan sejarah Nabi Muhammad yang sebelumnya belum terlalu dipahami oleh anak-anak. Dengan demikian, pameran artefak Nabi Muhammad SAW ini tidak hanya memperkaya pengetahuan siswa, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi masyarakat umum yang hadir,” kata Uci.

Putri Aulia, siswi dari SMPN 6 Padang, merasa terkesan dan haru saat mengunjungi pameran tersebut.
Ia menyatakan bahwa banyak ilmu dan pelajaran baru yang didapatkan.

“Saya sangat terharu bisa melihat langsung artefak ini tanpa harus bepergian jauh. Banyak pengalaman dan ilmu baru yang didapat,” ungkap Putri.

Pameran artefak ini menampilkan berbagai peninggalan bersejarah seperti jejak tapak kaki Rasul, tongkat, pedang, cambuk, rambut, dan sejumlah artefak lainnya.

Pameran ini memberikan kesempatan langka bagi masyarakat Sumbar untuk melihat langsung peninggalan Nabi Muhammad SAW dan memperdalam pengetahuan mereka tentang sejarah Islam.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait