Ribuan Warga Saksikan Pawai Alegoris HUT RI ke-79 di Padang Panjang

Ribuan Warga Saksikan Pawai Alegoris HUT RI ke-79 di Padang Panjang

TOPSUMBAR – Pawai Alegoris dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia berhasil menarik ribuan warga yang memadati Jalan Sudirman, Padang Panjang.

Antusiasme masyarakat terlihat jelas saat mereka menyaksikan berbagai atraksi dan kreasi yang dipersembahkan oleh para peserta pawai di depan Kantor BRI pada Senin, 19 Agustus 2024.

Acara pawai yang dilepas oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Sonny Budaya Putra ini diikuti oleh berbagai kelompok masyarakat, sekolah, dan instansi pemerintah.

Rombongan peserta menempuh rute yang telah ditentukan, menampilkan tema perjuangan dan kemerdekaan Indonesia serta budaya Minangkabau.

Pawai dimulai dengan Kirab Paskibraka dan penampilan Marching Band dari SMAN 2, yang disusul oleh parade berbagai kelompok peserta lainnya.

Sebelum pawai dimulai, penonton dihibur dengan penampilan Tari Gebyar HUT RI dari Sanggar Taruko serta paduan suara yang menambah semarak suasana.

Sejumlah tokoh penting turut hadir, termasuk Forkopimda, Pimpinan Sementara DPRD Imbral, Pj Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Winarno, Pj Ketua TP-PKK Sri Hidayani, Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) dr. Fitriyana Winarno, serta pejabat dan tamu undangan lainnya.

Dilansir dari laman kominfo Padang Panjang, peserta pawai berusaha menampilkan karya terbaik mereka, dengan berbagai alat peraga, kendaraan hias, dan penampilan seni yang sarat makna.

Marching band dari berbagai sekolah, arak-arakan Baralek Gadang, pertunjukan alat musik tradisional Tambua Tansa, serta drama singkat turut menjadi sorotan yang memikat penonton.

Terdapat sekitar 40 kelompok peserta yang terdiri dari tingkat SD, SLTP, dan SLTA, serta 26 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 16 kelompok masyarakat lainnya.

Selain itu, ada 49 kendaraan hias yang menambah semarak pawai, dengan total peserta diperkirakan mencapai 7.500 orang.

Pawai Alegoris yang berlangsung lancar dan sukses ini meninggalkan kesan mendalam bagi setiap peserta dan penonton yang hadir.

Pj Wali Kota, Sonny Budaya Putra berharap bahwa pawai ini dapat semakin memperkuat rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air, serta menjadi ajang bagi berbagai elemen masyarakat untuk menampilkan kreativitas dan semangat nasionalisme.

(AL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait