Ribuan Relawan Iringi Paslon Wako-Wawako Padang Panjang Hendri Arnis – Allex Saputra Mendaftar ke KPU

TOPSUMBAR – Ribuan relawan mengiringi pasangan calon (Paslon) Wali Kota – Wakil Wali Kota (Wako-wawako) Padang Panjang, Hendri Arnis – Allex Saputra saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang, Kamis, (29/8/2024).

Paslon Wako-Wawako Padang Panjang, Hendri Arnis – Allex Saputra dilepas dari posko pemenangan di depan Secara – B, jalan Sudirman, Pusat Kota Padang Panjang dengan arak-arakan kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua menuju kantor KPU Kota Padang Panjang.

Dalam arak-arakan di mobil jeep terbuka yang dinaiki Paslon Wako-Wawako turut didampingi dua Ketua partai pengusul, yakni Ketua DPD Golkar Padang Panjang, Mahdelmi Datuak Maninjun dan Ketua DPD PAN Padang Panjang, Mardiansyah.

Setiba di kantor KPU Padang Panjang dan sebelum memasuki ruangan pendaftaran Paslon Wako-Wawako, polisi yang bertugas pengamanan KPU Padang Panjang terlebih dulu melakukan pemeriksaan dengan metal detector kepada Paslon Wako-Wawako dan pengiringnya yang jumlahnya dibatasi dengan tanda pengenal khusus.

Pemeriksaan juga dilakukan kepada siapa pun termasuk awak media yang memasuki ruang pendaftaran.

Setiba dalam ruangan pendaftaran telah menunggu ketua KPU Kota Padang Panjang beserta jajaran.

Acara dilanjutkan penyerahan dokumen persyaratan pencalonan oleh partai pengusung, yakni oleh Ketua DPD Golkar Padang Panjang, Mahdelmi Datuak Maninjun dan  Ketua DPD PAN Padang Panjang, Mardiansyah kepada Ketua KPU Padang Panjang, Puliandri dengan disaksikan Paslon Wako-Wawako, Hendri Arnis – Allex Saputra, Bawaslu, dan LO kedua parpol pendukung.

Kemudian dilanjutkan penandatanganan surat pernyataan kesesuaian visi dan mis dengan program kerja dari RPJP Padang Panjang oleh Paslon Wako-Wawako Padang Panjang, Hendri Arnis – Allex Saputra dan Ketua KPU Kota Padang Panjang, Puliandri dengan disaksikan oleh Bawaslu Kota Padang Panjang.

Dilanjutkan proses pemeriksaan berkas calon oleh KPU di aula terpisah.

Selanjutnya sambutan Paslon Wako-Wawako oleh calon Wako Hendri Arnis.

Hendri Arnis di awal sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh relawannya yang telah mempersiapkan seluruhnya sehingga sampai ke tempat pendaftaran di KPU.

“Pada hari ini tanggal 29 Agustus 2024 saya Hendri Arnis bersama pasangan saya bapak Alex Saputra mendaftar untuk maju di Pilkada Padang Panjang tahun 2024. Mohon kami diizinkan untuk kembali memimpin di kota ini,  memimpin masyarakatnya,  membangun kota kelahiran kami. Sehingga kita bisa bersama-sama menjadi warga Kota Padang Panjang yang maju, sejahtera, dan bermarwah,” ujar Hendri Arnis.

“InsyaAllah jika Allah izinkan, kita benahi kota Padang Panjang ini secara bersama-sama sehingga pembangunannya bisa terasa oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Padang Panjang,” sambungnya melanjutkan.

Pada kesempatan itu, Hendri Arnis turut menyampaikan permohonan maaf kepada Bapak Kapolres, Bapak Dandim, dan kepada masyarakat atas kemacetan jalan dalam arak-arakan mereka menuju KPU Kota Padang Panjang

“Kami pada hari ini membuat Kota Padang Panjang sedikit macet dan kepada masyarakat luas kami atas nama calon Wali Kota mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ujarnya.

Selanjutnya Hendri Arnis mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi dalam pemungutan suara pada 27 November 2024 mendatang.

“Semoga hati kita semua bisa melihat bagaimana pembangunan Padang Panjang lima tahun ke depan. Lima tahun kedepan Padang Panjang bisa kita majukan bersama dari segala aspek, baik dari pendidikan, ekonomi, dan lainnya. Termasuk kepada seluruh ninik mamak, agar ninik mamak merasa berada dalam pemerintahan. Mari kita bersama-sama menyatukan suara, karena satu suara itu sangat bearti,” imbuhnya.

Dipenghujung kata sambutannya, Hendri Arnis sempat menyentil konon katanya dalam tanda kutip Pilkada Padang Panjang terlalu mahal.

“Untuk itu kami dan pasangan kami pada hari ini mengajak seluruh lapisan masyarakat. Lihatlah apa yang sudah terjadi, rasakanlah, ingat-ingatlah apakah kita akan seperti ini hingga lima tahun kedepan. Memilih pemimpin bukan berdasarkan sesuatu dalam tanda kutip. Tetapi pilihlah berdasarkan pengalamannya,  track recordnya, kerja nyatanya. Dan hal itu sudah saya buktikan pada periode 2013-2018,” tuturnya.

“InsyaAllah kedepan jika kami terpilih kami akan dedikasikan seluruh tenaga kami dan pikiran kami untuk melayani seluruh lapisan masyarakat kota Padang Panjang,” pungkas Hendri Arnis.

Kemudian, Ketua KPU Padang Panjang, Puliandri dalam penyampaiannya mengucapkan terima kasih kepada Partai Golkar dan PAN sebagai partai pengusul paslon Wako-Wawako Hendri Arnis – Allex Saputra.

“Perlu kami sampaikan bahwa tahapan pilkada Padang Panjang masuk tahapan pendaftaran Paslon kepala daerah yang telah dibuka sejak Selasa, (27/8/2024) dan hari ini Kamis, 29 Agustus 2024 adalah hari terakhir pendaftaran Paslon Wako-Wawako Padang Panjang. Kami menyambut ini adalah pendaftar pertama ke KPU Kota Padang Panjang,” ujar Puliandri.

Disebutkan Puliandri, bahwa menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 8 tahun 2024 dan perubahannya PKPU nomor 10 tahun 2024 tentang pedoman teknis pencalonan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam pemilihan serentak tahun 2024. Dalam pendaftaran Paslon Wako-Wawako dalam pemilihan serentak tahun 2024 di Kota Padang Panjang, Paslon Wako-Wawako harus diusulkan oleh partai politik peserta Pemilu atau gabungan partai politik peserta Pemilu yang mendapat suara sah hasil Pemilu tahun 2024 dimana untuk Kota Padang Panjang sarat minimal dukungan syarat pencalonan adalah sebanyak 10 persen dari jumlah suara sah hasil Pemilu 2024 yakni sebanyak 3.497 suara.

“Untuk itu KPU Kota Padang Panjang menerima dokumen pendaftaran Paslon Wako-Wawako Padang Panjang oleh partai politik dan atau gabungan partai politik berupa syarat pencalonan dan syarat calon yang dibuat dalam format hard copy dan soft copy lewat Siloan Pilkada.;Untuk syarat pencalonan harus lengkap dan benar. Begitu juga untuk syarat calon harus lengkap,”urainya.

Seterusnya, KPU melakukan pemeriksaan dokumen persyaratan Paslon dan partai pengusul di ruangan terpisah dengan disaksikan oleh LO partai politik pengusul dan Bawaslu Padang Panjang.

“Dokumen persyaratan pencalonan dinyatakan lengkap dan benar,” ujar Ketua KPU Kota Padang Panjang, Puliandri.

Lanjut, penyerahan surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan Paslon diserahkam Kerua KPU Padang Panjang kepada Paslon yang diterima calon wako Padang Panjang, Hendri Arnis.

Adapun teknis pemeriksaan kesehatan disampaikan ketua Divisi Teknis KPU Padang Panjang, Gunawan.

Gunawan juga menyebutkan nanti KPU akan melakukan verifikasi terhadap dokumen persyaratan Paslon.

“Persyaratan dinyatakan lengkap, namun tetap akan dilakukan pemeriksaan atau verifikasi persyaratan Paslon,” ujar Gunawan.

Rangkaian kegiatan pendaftaran Paslon Wako-Wawako Padang Panjang, Hendri Arnis – Allex Saputra berakhir dan ditutup dengan konferensi pers Paslon Wako-Wawako Padang Panjang, Hendri Arnis – Allex Saputra bersama awak media di media center di halaman kantor KPU setempat.

Dalam konferensi pers itu, Paslon Wako-Wawako turut didampingi Ketua Partai Golkar, Mahdelmi Datuak Maninjun, Ketua PAN, Mardiansyah dan fungsional partai Golkar Padang Panjang, Novi Hendri bertindak selaku juru bicara.

(AL)

Pos terkait