Plt Sekda Kota Pariaman, Gelar Nobar Pidato Kenegaraan Presiden RI di Kantor DPRD

Plt Sekda Kota Pariaman, Gelar Nobar Pidato Kenegaraan Presiden RI di Kantor DPRD

TOPSUMBAR – Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Yaminu Rizal, mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, menghadiri acara nonton bareng (nobar) Pidato Kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo, dalam rangka peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara ini berlangsung di Aula Pertemuan Gedung DPRD Kota Pariaman pada Jumat, 16 Agustus 2024 dan dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintahan setempat.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya pemanfaatan kekayaan alam Indonesia untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat.

Bacaan Lainnya

Ia menyoroti langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah untuk mengembalikan kendali atas aset-aset penting yang selama puluhan tahun dikelola oleh pihak asing, seperti Freeport, Blok Rokan, dan Newmont, yang kini telah berhasil diambil alih oleh Indonesia.

“Kita telah mengambil kembali aset-aset kita yang selama ini dikelola oleh pihak asing dan telah memberikan manfaat besar bagi mereka. Alhamdulillah, kini semuanya bisa kita kelola sendiri untuk kepentingan rakyat,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menekankan pentingnya mendukung produk dalam negeri, dengan mengarahkan belanja APBN, APBD, dan BUMN untuk memprioritaskan produk-produk lokal.

Hal ini, menurut Jokowi, adalah upaya untuk memastikan bahwa apa yang dihasilkan oleh rakyat dapat kembali dinikmati oleh rakyat dan memberikan manfaat yang optimal.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia tidak ingin ketinggalan dalam memanfaatkan momentum global yang sedang beralih ke ekonomi hijau.

Dengan potensi energi hijau yang besar, mencapai sekitar 3.600 GW dari berbagai sumber seperti air, angin, matahari, panas bumi, gelombang laut, dan bio energi, Indonesia berpeluang menjadi pemain utama dalam sektor ini.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait