Pj Wali Kota Pariaman Temu Ramah dengan 42 Calon Mahasiswa Program Saga Saja Usai Upacara HUT RI ke-79

Pj Wali Kota Pariaman Temu Ramah dengan 42 Calon Mahasiswa Program Saga Saja Usai Upacara HUT RI ke-79

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, menggelar temu ramah dengan 42 calon mahasiswa penerima beasiswa Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) di Ruang Rapat Wali kota Pariaman.

Acara ini berlangsung usai Roberia memimpin Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) di Halaman Balaikota Pariaman pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Dalam pertemuan itu, Roberia menjelaskan bahwa 42 calon mahasiswa tersebut telah lolos seleksi administrasi dan akademik di perguruan tinggi pilihan mereka.

Bacaan Lainnya

“Seleksi beasiswa Saga Saja ini sangat ketat. Selain aspek akademik, para calon mahasiswa juga diuji dalam hal adab, etika, kemampuan bersikap, serta kemampuan dalam melaksanakan ibadah seperti sholat dan mengaji,” jelas Roberia.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga sikap selama menjalani masa perkuliahan.

“Mahasiswa harus pandai menjaga sikap selama kuliah di kampus masing-masing. Bersyukur dan memanfaatkan dengan baik kesempatan yang telah diberikan oleh Pemko Pariaman. Jika ada yang bermasalah, beasiswa mereka akan dicabut,” tegasnya.

Staf Ahli Wali Kota Pariaman, Hertati, menambahkan bahwa dari 42 calon mahasiswa tersebut, 23 orang telah lulus untuk melanjutkan studi di luar daerah.

Di antaranya, 20 orang akan menempuh pendidikan di Telkom University (Tel-U), dengan biaya dari Pemko Pariaman dan Baznas.

Sementara itu, 3 orang lainnya mendapatkan beasiswa penuh dari Tel-U karena prestasi akademik mereka.

“Satu orang juga berhasil lulus di Institut Teknologi PLN Jakarta. Setelah lulus nanti, mahasiswa ini akan langsung bergabung menjadi karyawan di PLN Group melalui MoU yang akan kita tandatangani. Selain itu, ada 2 orang yang diterima di Politeknik Pekerjaan Umum (Poltek PU) Semarang dan telah diberangkatkan lebih awal karena jadwal registrasi yang lebih cepat,” papar Hertati.

Lebih lanjut, 11 orang lainnya diterima di Politeknik Negeri Padang (PNP) dan 4 orang di Universitas Andalas (Unand) Padang.

Program Saga Saja ini bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi keluarga kurang mampu di Kota Pariaman, dengan harapan dapat mengubah masa depan mereka melalui pendidikan.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait