Pj Wali Kota Pariaman Sebut Peringatan HUT RI ke-79 Tahun Ini Lebih Meriah dan Semarak

Pj Wali Kota Pariaman Sebut Peringatan HUT RI ke-79 Tahun Ini Lebih Meriah dan Semarak

TOPSUMBAR – Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 di Kota Pariaman tahun 2024 berlangsung dengan meriah dan semarak, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pj Wali Kota Pariaman, Roberia, mengungkapkan bahwa tahun ini, seluruh sekolah, organisasi perangkat daerah (OPD), dan instansi vertikal di kota tersebut diperintahkan untuk menghias kantor dan mengadakan perlombaan untuk merayakan kemerdekaan.

“Alhamdulillah, seluruh elemen mulai dari sekolah-sekolah, desa/kelurahan, hingga OPD dan instansi vertikal, telah berpartisipasi dalam menghias kantor dan melaksanakan berbagai perlombaan. Ini membuat suasana kemerdekaan terasa lebih kental dan semarak, ditambah dengan pawai alegoris yang kami adakan hari ini,” kata Roberia setelah melepas Pawai Alegoris yang memulai start di halaman Balaikota dan berakhir di Muaro Pantai Gandoriah pada Minggu sore, 18 Agustus 2024.

Bacaan Lainnya

Pawai Alegoris yang menjadi bagian dari perayaan ini melibatkan berbagai unsur masyarakat Kota Pariaman, mulai dari tingkat TK/PAUD hingga SMA sederajat, OPD, instansi vertikal, desa dan kelurahan, BUMN/BUMD, serta TNI dan Polri.

Bahkan, etnis Jawa yang tergabung dalam Keluarga Pedagang Bakso (KPB) Nusantara Korwil Pariaman turut berpartisipasi, menambah warna dalam perayaan tersebut.

Roberia, yang bertindak sebagai inspektur upacara, mengenakan pakaian Datuak, pakaian khas sulaman Nareh dari Kota Pariaman.

Suasana Balaikota dipenuhi dengan nuansa merah putih, termasuk tenda dan kursi yang disiapkan untuk memastikan kenyamanan para tamu undangan.

“Tahun ini, peringatan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pengibaran bendera dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia pada pukul 07.30 WIB. Sedangkan untuk detik-detik proklamasi, hanya dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), dan kami menyaksikannya melalui live streaming dari stasiun TV Nasional,” jelas Roberia.

Tema peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-79 tahun ini adalah “Nusantara Baru, Indonesia Maju,” yang mencerminkan penyambutan ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara dan momen transisi penting dalam perjalanan bangsa Indonesia.

“Tema ini dipilih untuk menggambarkan semangat transisi dan kemajuan bangsa. Kami berharap dengan perayaan ini, semangat kemerdekaan dan kebangsaan semakin menguat di hati setiap warga Kota Pariaman,” tutup Roberia.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait