Peringati Harganas ke-31 Tingkat Sumbar, Pemkab Lima Puluh Kota Nyatakan Kesiapannya Jadi Tuan Rumah

Peringati Harganas ke-31 Tingkat Sumbar, Pemkab Lima Puluh Kota Nyatakan Kesiapannya Jadi Tuan Rumah

TOPSUMBAR – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun 2024 Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kabupaten Lima Puluh Kota terpilih sebagai tuan rumah acara tersebut.

Acara ini akan berlangsung dari tanggal 8-10 Agustus 2024 mendatang.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima Puluh Kota tengah melakukan berbagai persiapan untuk mensukseskan acara tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lima Puluh Kota, Wilda Reflita, yang akrab disapa Tek Wil, menyatakan bahwa pihaknya siap menyambut para tamu, baik dari pusat maupun provinsi.

Hal ini disampaikan oleh Tek Wil saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Ia juga menjelaskan bahwa masing-masing perangkat daerah telah diberikan tugas spesifik untuk memastikan kesuksesan Harganas, termasuk melakukan sosialisasi hingga ke tingkat nagari.

Tek Wil mengungkapkan bahwa selama tiga hari pelaksanaan Harganas, akan ada berbagai rangkaian kegiatan yang melibatkan perwakilan dari seluruh kabupaten dan kota se-Sumatera Barat.

“Pada hari pertama, kegiatan akan meliputi Genre Goes To School, Temu Inklusi Genre Ranah Minang (Kurenah), dan Audit Kasus Stunting yang akan dilaksanakan oleh Forum Genre Sumbar bersama kader-kader di Lima Puluh Kota di beberapa lokasi,” ujarnya.

Di hari kedua, berbagai kegiatan akan dilaksanakan di nagari-nagari, seperti Kelas Pengasuhan Kelompok BKB tingkat desa/nagari, Mupen On The Road yang melibatkan Mobil Penerangan se-Sumatera Barat, jambore kader, pemutaran film Bangga Kencana, dan senam lansia.

“Kelas Pengasuhan Kelompok BKB tingkat desa/nagari akan diselenggarakan bersamaan dengan program Bupati Jumat Manyapo (BAJUMPO) di Nagari Kubang, Kecamatan Guguak,” jelas Tek Wil.

Puncak acara Harganas ke-31 akan berlangsung pada hari ketiga, 10 Agustus 2024, di Taman RTH Mahkota Berlian Sarimalak.

Acara ini akan melibatkan ribuan peserta dari berbagai kabupaten dan kota se-Sumatera Barat serta masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota sendiri.

“Setelah rangkaian kegiatan dari hari pertama hingga kedua, puncak acara Harganas akan diadakan di Taman RTH Mahkota Berlian dengan partisipasi ribuan peserta. Kami berharap dapat menjadi tuan rumah yang baik dan sukses dalam pelaksanaan kegiatan ini dengan dukungan dari berbagai pihak terkait,” ujar Tek Wil.

Harganas merupakan upaya penting untuk memperkuat ketahanan keluarga dan membentuk keluarga yang berkualitas.

Acara ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya peran keluarga sebagai fondasi dalam membangun bangsa dan negara.

Keluarga diharapkan menjadi sumber kekuatan yang mampu menghadapi berbagai tantangan. Tahun ini, tema Harganas adalah “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas.”

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait